Kumham DKI Jakarta Lakukan Tes Urine 2.000 Petugas Lapas


Ilustrasi, (Foto:Istimewa).

AKTUALITAS.ID – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM atau Kanwil Kumham DKI melakukan tes urine terhadap 2.000 pegawai pemasyarakatan yang selama ini bertugas di rutan dan lapas se-Ibu Kota.

Kebijakan ini dilakukan, usai ditangkap oknum sipir Lapas kelas IIB Langsa, Aceh, karena terlibat peredaran narkotika.

Kepala Divisi Pemasyarakatan kanwil Kumham DKI, Andika Dwi Prasetyo mengatakan, pihaknya langsung mengambil langkah cepat untuk mengantisipasi kejadian serupa.

“Bukan hanya sipir yang kami minta tes urine, kalapas, karutan hingga pejabat lainnya juga kami periksa,” kata Andika, dalam keterangannya, Sabtu (12/10).

Dari pemeriksaan yang diambil pihaknya, kata Andika, Kanwil Kumham ingin memastikan pegawainya bebas dari bahaya narkotika. Meski tes urine yang digelar merupakan yang kesekian kalinya, hal itu dinilai agar pihaknya tak kecolongan.

“Kemenkumham konsisten akan komitmen anti narkoba dan akan memerangi narkoba di lingkungan lapas, rutan, di DKi,” ujarnya.

Dikatakan Andika, dengan melibatkan petugas dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI, pihaknya melakukan tes urine kepada 2.000 pegawai Pemasyarakatan yang ada di jajarannya. Semua yang di tes itu yang selama ini bertugas di rutan dan lapas yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

Bila ditemukan positif, kata Andika, pihaknya bukan hanya menyerahkan ke BNNP. Namun, selanjutnya akan didalami kelakuannya yang buruk itu. Sangsi pemecatan pun akan langsung diberikan bila ditemukan indikasi yang kuat.

“Jika terbukti positif akan kami serahkan ke BNNP, dan apabila terindikasi kuat, sanksinya bisa sampai pemecatan. Kami tindak tegas, karena ingin terus menjalankan perintah Pak Presiden untuk memberantas narkotika,” ujarnya.

Menurut dia, sejauh ini pihaknya juga sudah bekerja sama dengan BNN dan Polri untuk memberantas narkotika. Pimpinan kementerian hukum dan HAM juga sudah sangat tegas menyatakan tidak akan main-main dalam menangani pegawai yang terlibat narkoba.

“Kami tak main-main, terbukti akan langsung kami sikat,” ujarnya.


slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>