Kepala Bappenas: Rusuh di Penajam Tak Ganggu Pindah Ibu Kota


Ilustrasi (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Menteri Perencanaan Pembangunan (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memberi respons atas ricuh yang terjadi di pelabuhan penyeberangan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Penajam Paser Utara merupakan calon ibu kota baru Indonesia.

Bambang mengatakan, kejadian ini akan menjadi perhatian pemerintah khususnya terkait aspek keamanan dan sosial.

“Tentunya kejadian tersebut akan diperhatikan dalam aspek keamanan dan sosial wilayah,” kata Bambang kepada detikcom, Rabu (16/10).

Bambang bilang, hal ini tidak mengganggu rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota. Namun, Bambang menuturkan, akan menyoroti aspek sosial khususnya hubungan antara pendatang dan masyarakat setempat.

“Tidak (pengaruh), akan jadi perhatian khusus pada aspek hubungan pendatang dan lokal,” ujarnya.

Lanjut Bambang, lokasi tersebut saat ini sudah aman terkendali.

Sebagai informasi, sebelumnya sekelompok orang mendatangi pelabuhan penyeberangan di Penajam Paser Utara, Kaltim, berunjuk rasa terkait penganiayaan yang membuat anggotanya menjadi korban. Massa mengamuk dengan membakar loket tiket

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Ade Yaya Suryana mengatakan sekitar 100 orang datang ke pelabuhan Penajam sekitar pukul 13.00 WITA, Rabu (16/10/2019). Massa sekitar pukul 14.20 WITA merusak pos loket tiket kapal klotok dan menghentikan transportasi penyeberangan.

Menurut Kombes Ade Yaya, sempat dilakukan dialog antara polisi dan perwakilan massa. Tapi tidak ada kata sepakat dari dialog yang digelar di kantor Penajam Paser Utara. Sekitar pukul 15.30 WITA massa terus bertambah dan melakukan aksi pembakaran pada pos loket tiket. Polisi berhasil mengendalikan situasi pada pukul 17.15 WITA.

Sumber: detikcom

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>