Saat OTT, Ketua KPK Minta Pegawai Lepas Kopiah Haji


Ketua KPK Agus Rahardjo, ( Foto:Isti)

AKTUALITAS.ID – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo meminta para penegak hukum di lembaganya bersikap imparsial. Agus ingin pegawai KPK menanggalkan atribut pribadi atau agama tertentu saat bertugas.

“Jadi saya harapkan simbol-simbol yang biasanya dipakai pribadi hanya dipakai, yang pribadi itu misalnya kopiah haji, itu nanti kalau Anda kerja enggak usah dipakai, tapi kalau ke masjid dipakai,” kata Agus saat membuka ‘Silaturahmi Kebangsaan dan Doa Bersama untuk Negeri’ di Gedung Penunjang KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu, (20/11).

Menurutnya, sikap imparsial ini penting. Supaya tak ada anggapan apapun terhadap jajaran KPK. Agus khawatir pegawainya disangka mewakili golongan tertentu saat bertugas.

“Bayangkan kalau kita menangkap orang dengan menggunakan kopiah haji, yang ditangkap dari agama lain gimana? Itu enggak boleh. Iya kan?” kata Agus.

Dia ingin agar jajaran yang dipimpinnya saat ini berlaku penuh sebagai penegak hukum. Tidak ada embel-embel mewakili agama atau golongan tertentu, karena itu akan berdampak buruk bagi citra KPK.

“Jadi kita harus menjaga independensi kita, imparsial kita, inklusifness kita,” kata Agus.

Hal ini ditegaskan Agus saat mengantar ceramah Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq. Ketua KPK berkeinginan agar Kiai Nahdlatul Ulama itu memberi penguatan pandangan kebangsaan pada jajaran KPK.

“Mohon cara berbangsa dan bernegara lebih dikuatkan dengan adanya pertemuan hari ini. Memang tujuannya membangun komunikasi, memperkuat silaturahim. Terima kasih Gus,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>