Jalur Lintas Barat Sumetera Lumpuh akibat Longsor


Kondisi rumah yang rusak akibat longsor di Perumahan Pesona Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta, Selasa (27/11/2018). Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan sebidang tanah di wilayah tersebut longsor. Akibat dari longsor tersebut kondisi jalan akses di depan rumah terputus.

AKTUALITAS.ID – Terdapat sedikitnya 14 lokasi di Jalan Lintas Sumatera yang terdampak tanah longsor setelah banjir dan longsor kemarin. Keempat belas titik itu adalah jalur penghubung antara Bandar Lampung, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Bengkulu.

Lokasi-lokasi longsor yang menutupi Jalan Lintas Barat Sumatera di Tanggamus dan Lampung masih tidak dapat dilalui kendaraan. Polisi memutuskan mengalihkan lalu lintas jalan yang menghubungkan antara Lampung dan Bengkulu.

“Saat ini anggota gabungan masih menyingkirkan tanah dan batu yang menimbun badan jalan dengan ketebalan 50 sentimeter,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Lampung, Kombes Pol Chiko Ardwianto, Jumat, (10/1/2020).

Polisi melakukan pengalihan arus lalu lintas melalui jalur lintas tengah. Pengendara dari arah Kabupaten Lampung Barat menuju Bandar Lampung maupun sebaliknya dengan melalui jalur di Kabupaten Pringsewu. “Para pengendara terpaksa menempuh waktu empat jam lebih lama lantaran akses jalan tertimbun longsor,” ujarnya.

Petugas gabungan masih membersihkan jalur yang tertimbun. Pemerintah Kabupaten Tanggamus telah menurunkan alat berat ekskavator mini, ekskavator besar, dan buldozer untuk pembuangan lumpur dan sampah kayu yang menutupi jalan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>