Polemik Natuna, Mahfud MD: Kepala Bakamla Diganti


Mahfud MD. (Dok: AKTUALITAS.ID/KIKI BUDI HARTAWAN)

AKTUALITAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan, hasil rapat Tim Penilai Akhir (TPA) salah satunya adalah pergantian Kepala Badan Keamanan Laut RI (Bakamla).

“Bakamla ya tadi. Sudah diputuskan orangnya tadi. Kan sudah habis (masa tugas),” kata Mahfud, di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Saat ini, Kepala Bakamla RI dijabat oleh Laksdya A. Taufiqurrachman. Namun siapa penggantinya, Mahfud belum ingin memberi tahu. “Nanti saja biar diumumkan oleh Istana,” katanya.

Seperti diketahui, Kepala Bakamla saat ini, Taufiq menjabat sejak 24 September 2018. Sebelumnya ia sempat menjabat Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal). Yakni pada periode 20 Januari 2017 hingga 24 September 2018.

Penggantian ini dilakukan di tengah upaya pemerintah mengembalikan kedaulatan Indonesia di Natuna dari aksi provokasi Cost Guard China. Bakamla, sebagai salah satu aparat negara yang di-depoloy di Natuna untuk menghalau provokasi kapal asing di perairan terluar RI itu.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>