Penemuan Ribuan Batu Aneh di Buahdua Sumedang


Batu Aneh di Buahdua Sumedang

AKTUALITAS.ID – Warga Desa Nagrak yang tinggal di kaki Gunung Tampomas, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, terjkejut saat menemukan ribuan batu dengan ukuran yang besar di wilayah perkebunan mereka. Batu-batu sebagian berbentuk persegi panjang dan kotak tersebut dipercaya warga sebagai peninggalan zaman kerajaan di Sumedang.

Batu-batu tersebut terhampar hingga sepanjang seratus meter. Saat itu warga sedang membuka jalan ke area perkebunan, namun alangkahnya terkejutnya mereka melihat pemandangan yang tak biasa.

Pemerintah Kecamatan Buahdua bersama unsur kepolisian Polsek Buahdua meninjau lokasi ditemukannya ribuan batu berukuran besar. Sebagian batu tersebut ada yang berbentuk persegi panjang dan kotak.

“Awalnya ada warga yang laporan bahwa ditemukan banyak sekali batu. setelah di cek ternyata benar ukurannya pun ada yang 10 meter terhampar 100 meter di lahan sekitar satu hektar. Jadi ada kegiatan pembagian jalan usaha tani. Ada warga yang lapor ada batu unik. Katanya bisa jadi potensi wisata,” kata Kepala Desa Nagrak Erwin Kuntana, Rabu (12/2/2020).

Kepala Desa Nagrak, Erin Kunvana mengatakan, sejak batu-batu ditemukan dan viral, sudah banyak yang berdatangan ke lokasi tersebut. Kini, tempat tersebut dinamakan Batu Sanghiang. Pemerintah desa bersama warga, kata Erin, terus melakukan pembenahan dan penataan lokasi Batu Sanghiang.

“Sudah banyak yang datang, bahkan ada yang dari luar Sumedang seperti Cikampek. Kami melakukan penataan sedikit-sedikit, seperti pada sumber airnya, tumbuhan liarnya kita hilangkan. Sekarang jadi terlihat lebih jelas,” katanya Erin.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>