Meningkatnya Wabah Corona, Kebudes Amerika Imbau Warganya Segera Meninggalkan Indonesia


Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia mengimbau warga negaranya untuk segera pulang. Imbauan ini muncul setelah mengamati laju penambahan pasien positif pengidap virus corona di Indonesia.

“Warga Negara AS yang saat ini tinggal di Indonesia harus mempersiapkan kepulangan sesegera mungkin, kecuali mereka yang menetap untuk waktu yang lama,” tulis keterangan Kedubes AS, Minggu (29/3/2020).

Warga AS yang tengah berada di Indonesia diminta untuk segera mengatur kepulangan lewat penerbangan yang masih tersedia. Untuk saat ini terdapat 37 penerbangan dari Indonesia ke AS masih melayani penerbangan sipil.

Sebelumnya, Kedubes AS telah memulangkan seluruh anggota keluarga karyawan dan diplomat berusia 21 tahun. Meski demikian, layanan konsuler untuk warga AS tetap beroperasi di Kedubes AS di Jakarta, Delegasi AS untuk ASEAN di Jakarta, Konsulat Jenderal Surabaya, Konsulat Medan, dan Konsulat Bali.

AS sejak 15 Maret lalu telah menerbitkan peringatan perjalanan bagi warga negaranya agar terlebih dahulu menunda bepergian ke luar negeri akibat merebaknya wabah COVID-19.

Kasus virus corona di AS mengalami lonjakan dalam beberapa waktu terakhir. Minggu (29/3), jumlah kasus positif di AS telah mencapai 131.413, dengan jumlah pasien meninggal 2.329.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>