Update Corona di Sumut 27 April: 111 Positif, 35 Sembuh, 12 Meninggal


Ilustrasi virus corona. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Sumatra Utara per Senin (27/4/2020) secara kumulatif menjadi 111 orang. Dari jumlah itu, 35 orang dinyatakan sembuh dan 12 orang lainnya meninggal dunia.

“Pasien sembuh bertambah menjadi 35 orang dari sebelumnya 33 orang. Sedangkan jumlah pasien positif Covid-19 meninggal 12 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Whiko Irwan.

Whiko mengatakan untuk pasien dalam pengawasan (PDP) yang sedang dirawat saat ini sebanyak 153 orang. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan menerapkan physical distancing.

“Selalu menggunakan masker saat keluar rumah dan selalu menjaga jarak antarsesama sekitar dua meter saat berinteraksi. Kita juga sedapat mungkin menghindari kerumunan dan perkumpulan orang banyak,” ujarnya.

Whiko mengatakan penentuan pasien positif Covid-19 harus lewat pemeriksaan sampel swab menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR). Sedangkan rapid test digunakan untuk pasien yang membutuhkan pemeriksaan lanjutan dengan tes swab.

“Penderita dengan rapid test positif belum bisa didiagnosa positif. Seseorang dinyatakan positif bila ditemukan adanya virus di dalam tubuh atau tenggorokan dari penderita. Atas dasar itu kami tidak mengumumkan lagi data hasil rapid test,” katanya.

Menurut Whiko, masih banyak masyarakat Sumut yang belum menjalankan imbauan pemerintah. Ia pun mengajak masyarakat untuk patuh menerapkan upaya pencegahan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Sampai hari ini, jumlah pasien positif virus corona di Indonesia secara kumulatif mencapai 9.096 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 765 orang meninggal dunia dan 1.151 orang lainnya dinyatakan sembuh.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>