Dalam Sehari, India Catat 10 Ribu Kasus Corona


Ilustrasi (Foto: freerangestock.com)

India melaporkan nyaris 10 ribu kasus baru virus corona dalam tempo 24 jam terakhir. Total kasus corona di India hingga saat ini sebanyak 287.155.

India saat ini berada di urutan kelima kasus corona tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat, Brasil, Rusia, dan Inggris.

Mengutip Associated Press, lonjakan kasus corona terparah di India terjadi di Mumbai, New Delhi, dan Chennai.

Kematian akibat virus corona di India saat ini mencapai 8.107 jiwa. Sekitar 140.979 pasien dinyatakan sembuh.

Kendati terjadi lonjakan kasus baru, untuk pertama kalinya tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di India mencapai 49 persen. Angka kesembuhan pasien lebih tinggi dari total kasus corona.

Sejumlah pihak mengatakan peningkatan kasus corona terjadi lantaran kapasitas pengetesan virus yang masih terbatas.

Kementerian Kesehatan India mengatakan tengah meningkatkan kapasitas pengujian virus corona menjadi 145 ribu per hari. Hingga Rabu (10/6), India telah melakukan lebih dari 5 juta pengetesan virus.

Lonjakan kasus corona terjadi ketika pemerintah India melonggarkan pembatasan dengan membuka kembali restoran, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat ibadah mulai 8 Juni lalu setelah dua bulan ditutup.

Sementara itu untuk tempat pendidikan seperti sekolah dan universitas akan dilanjutkan setelah perbincangan para pemangku kepentingan di India. Dalam diskusi antarotoritas pemangku kepentingan, sektor pendidikan akan dimulai kembali mulai Juli mendatang.

Kemendagri India juga menyatakan bahwa penerbangan internasional, tempat transit massa, bioskop, kolam renang dan bar akan tetap tutup hingga waktu yang belum ditentukan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>