Lintasi Laut Hitam, Dua Pesawat Militer AS di Cegat Jet SU-27 Rusia


Ilustrasi, Foto/The Xplorion

Rusia mengerahkan sejumlah jet tempur Sukhoi Su-27 untuk mencegat dua pesawat patroli Angkatan Laut Amerika Serikat yang tengah melintasi Laut Hitam pada Senin (29/6).

Kementerian Pertahanan Rusia tidak menjelaskan secara jelas berapa Su-27 yang mereka kerahkan untuk melakukan pencegatan itu.

Namun, Moskow menuturkan dua pesawat AS yang melintasi Laut Hitam itu terdiri dari pesawat patroli P-8A Poseidon dan pesawat pengintai RC-135.

Kemhan Rusia menuturkan kedua pesawat militer AS itu berhasil dikawal sampai mereka keluar dari “wilayah perbatasan Rusia”.

“Tidak ada pelanggaran perbatasan terhadap wilayah Rusia dalam insiden itu,” bunyi pernyataan Kemhan Rusia seperti dilansir kantor berita Anadolu pada Selasa (30/6).

Kemhan Rusia menuturkan kedua pesawat AS itu terdeteksi oleh radar militer Rusia. Menurut Moskow, ini bukan penyusupan pertama yang dilakukan pesawat asing di sekitar perbatasan Rusia.

Rusia menyatakan ada 33 pesawat asing dan lima pesawat nirawak atau drone terdeteksi tengah melakukan pengintaian di sepanjang perbatasan Rusia selama sepekan terakhir.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>