Menko PMK Sebut Tahun ini Masjid Istiqlal Tak Gelar Salat Idul Adha


Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effedny saat memimpin rakor tingkat menteri di kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Rakor Tingkat Menteri membahas persiapan penyelenggaraan PON dan Peparnas Papua 2020.AKTUALITAS.ID/Munzir.

AKTUALITAS.ID – Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan Masjid Istiqlal tidak akan digunakan sebagai tempat penyelengaraan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020. Masjid Istiqlal, kata Muhadjir, dipastikan tak akan menggelar salat Idul Adha.

“Pada intinya tahun ini Masjid Istiqlal tidak digunakan untuk melaksanakan salat Idul Adha,” kata Muhadjir melalui telekonferensi pada Kamis (9/7/2020).

Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan pelaksanaan Idul Adha baik salat serta penyembelihan kurban telah diperbolehkan. Namun, pelaksanaan tersebut juga harus dilakukan sesuai dengan ketentuan dari Gugus Tugas Nasional penanganan COVID-19.

“Berkaitan dengan penyelenggaraan salat Idul Adha dan penyembelihan kurban untuk secara nasional diputuskan bahwa dibolehkan dengan perkecualian-pengecualian yaitu terutama kelayakan tempat tersebut dilihat dari status zonasinya. Zonasi, intensitas, penyebaran, dan penularan Covid-19 sebagaimana yang telah di tetapkan oleh gugus tugas nasional,” ujar Muhadjir.

Muhadjir juga mengatakan penjelasan lebih teknis terkait pelaksanaan Hari Raya Idul Adha akan dijelaskan oleh Kementerian Agama. Saat ini, kata dia, hal itu masih akan dibahas lebih rinci oleh kementerian dan lembaga terkait.

“Untuk hal yang operasional dari ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Agama, itu nanti akan dibahas lebih detail tentang operasional dengan Kementerian dan Lembaga yang terkait yaitu Kemenko PMK dan Kemenko Polhukam, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, Kemen terian Perhubungan, kemudian juga kementeriannya ditambah,Kementerian Dalam Negeri. Kemudian untuk lembaganya melibatkan TNI, Polri, dan BNPB selaku bagian dari Gugus Tugas,” ucap Muhadjir.

Sementara, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menjelaskan saat ini Masjid Istiqlal masih dalam tahap renovasi. Karena itu, Masjid Istiqlal tak dapat menggelar salat Idul Adha tahun ini.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>