Terapkan Protokol Kesehatan, Pemprov Sumsel Dukung Semarak HUT RI


Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Najib menghadiri rapat koordinasi (rakor) secara virtual melalui video conference antara Mendagri bersama Kementerian dan Lembaga (K/L) terkait dengan Gubernur dan Forkopimda se-Indonesia

AKTUALITAS.ID – Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya diwakili Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Najib menghadiri rapat koordinasi (rakor) secara virtual melalui video conference antara Mendagri bersama Kementerian dan Lembaga (K/L) terkait dengan Gubernur dan Forkopimda se-Indonesia terkait persiapan Perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75 Tahun 2020 di Sumsel Command Center, Rabu (29/07/2020).

Mawardi Yahya melalui Najib mengatakan bahwa Pemprov Sumsel akan melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI dengan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Sekjen Kemendagri, Muhammad Hudori, mengatakan pelaksanaan rakor ini untuk menyamakan persepsi persiapan rangkaian peringatan HUT RI baik di pusat maupun daerah. Menurutnya momentum perayaan HUT RI dilakukan untuk menjadikan semangat dan cinta anak bangsa ditengah pandemi covid-19 dengan gerakan menata memperindah lingkungan serta menjaga protokol kesehatan.

Untuk mendukung hal tersebut maka, Ia meminta agar diperlukan keterlibatan Pemda, TNI, Polri, secara teknis untuk reminder kepada masyarakat umum untuk melakukan sikap siap sempurna menjelang pukul 10.17 pada tanggal 17 Agustus 2020 serta menggaungkan acara HUT RI dengan kegiatan outdoor pemda.

“Aksi yang dapat dilakukan pemda, yaitu pemanfaatan fasilitas media informasi pemda berupa videotron, website, sosmed untuk mengkampanyekan dan menyiarkan rangkaian kegiatan HUT RI Ke 75, penggunaan sirine pada kendaraan pemadam, ambulans, perhubungan, satpol pp saat detik-detik proklamasi di muka umum,” katanya, dalam reales yang diterima aktualitas.id, Kamis (30/07/2020).

Menteri Segneg, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., mengatakan ada 2 hal yang diarahkan oleh Presiden yaitu dimana melihat kondisi covid-19 masih berlangsung maka dalam rangka HUT RI tahun ini di Istana Negara akan melakukan upacara minimalis dimana bendera akan dikibarkan oleh 3 orang paskibra dan hanya dihadiri tidak lebih dari 7 pejabat negara sehingga Pemprov se-Indonesia dapat menyesuaikan.

“Di istana minimalis tapi kita harus memeriahkan HUT RI, maka ada harapan kerja sama dengan kepala daerah. Bapak Presiden menginstruksikan memeriahkan tanpa mengurangi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Selain itu, juga diminta agar Pemda dapat menyemarakan HUT Kemerdekaan RI dengan memasang atibut bendera dan umbul-umbul bertema HUT RI ke 75 Tahun. Serta menayangkan video HUT RI yang telah ditentukan melalui LED TV yang ada di daerah masing-masing. Sehingga meskipun ditengah pandemi semarak HUT RI masih dapat dirasakan bersama.

“Panitia nasional juga akan mengadakan beberapa lomba yang dapat diikuti seluruh warga RI karena dengan pemanfaatan media sosial yang ada. Kita juga meminta agar Pemda dapat membantu sosialisasi yang mengajak segenap bangsa Indonesia pukul 10.17 melakukan sikap sempurna dimanapun berada,” katanya.

Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, kemeriahan HUT RI harus tetal dilakukan agar masyarakat kita bersatu gotong royong bangkit dr keterpurukan akibat covid-19.

Ia mengatakan bahwa konsep perlombaan itu sendiri yaitu dengan mempercantik lingkungan dan tetap menjaga protokol kesehatan serta menunjukan rasa cinta Indonesia dengan berdiri tegap sikap sempurna saat dikumandangkan lagu Indonesia Raya secara serentak pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.17 Wib yang direkam dalam video.

“Peserta dalam kegiatan ini yaitu seluruh warga negara Indonesia, di lingkungan dalam dan luar wilayah Indonesia. Dengan total hadiah senilai Rp 1 Miliar. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui HUTRI75.KEMENPAREKRAF.GO.ID,” jelasnya.

Turut hadir Karo Umum dan Perlengkapan M Zaki Aslam

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>