Selama 4 Hari Terakhir, Selandia Baru Nihil Kasus Baru Corona


Selandia Baru melaporkan nihil kasus baru virus corona dalam empat hari berturut-turut dan tujuh orang dikabarkan sembuh. Hingga saat ini ada 70 kasus aktif dari total 1.809 kasus Covid-19, sekitar 1.714 diantaranya dinyatakan sembuh.

Sebanyak 54 orang yang terkait dengan klaster Auckland saat ini masih berada di pusat karantina. Sekitar 22 orang diantaranya dinyatakan tertular dari anggota keluarga serumah.

Saat ini hanya ada empat orang yang masih dirawat di rumah sakit, masing-masing di Auckland, North Shore, dan Middlemore. Tiga pasian masih diisolasi di bangsal perawatan dan satu orang di Middlemore dirawat di unit perawatan intensif.

Sejak 12 Agustus lalu tim pelacakan kontak Kementerian Kesehatan telah mengindentifikasi 3.912 kasus yang merupakan kontak. Sebanyak 3.908 telah melakukan isolasi mandiri.

“Kami saat ini sedang dalam proses menghubungi sisanya (kontak terkait), sekitar 33 merupakan kasus impor di fasilitas karantina,” kata kementerian kesehatan.

Mengutip NZ Herald, pada Kamis (17/9) laboratorium Selandia Baru telah memproses 7.360 tes Covid-19. Sejak awal pandemi hingga kini total tes yang diselesaikan sebanyak 897.077.

Selandia Baru sejak awal pandemi secara ketat menerapkan tiga kebijakan yang dinilai mampu menekan penyebaran virus corona. Yakni memperketat pengawasan di perbatasan, menerapkan penguncian wilayah (lockdown) serta jaga jarak untuk mencegah penyebaran di antara masyarakat, serta tekun menggelar pemeriksaan, penelusuran kontak hingga karantina.

Mereka melarang kedatangan warga asing, mewajibkan karantina bagi warga Selandia Baru yang baru tiba dari luar negeri, dan melaksanakan prosedur ketat pemeriksaan Covid-19.

Tiga cara itu dinilai ampuh menekan penyebaran Covid-19 hingga lebih dari seratus hari. Walau sempat ditemukan kasus infeksi baru, tetapi Selandia Baru kembali menerapkan kebijakan yang sama untuk menekan penyebaran di antara penduduk.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>