Mulai Februari 2021, Jemaah Umrah Jawa Barat Diberangkatkan ke Tanah Suci


Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Jemaah ibadah umrah asal Jawa Barat yang sudah siap secara administrasi dan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 dijadwalkan diberangkatkan pada 2021. Kebijakan itu diputuskan setelah Arab Saudi kembali membuka pelaksanaan ibadah umrah setelah ditutup akibat pandemi COVID-19.

“Berangkat perkiraan 2021 antara Februari-Maret,” kata Ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Jawa Barat, Bisma Banyu Setia, di Bandung, Selasa, (3/10/2020).

Untuk mematangkan keberangkatan itu, pada akhir tahun 2020 perwakilan masing-masing biro travel di Jawa Barat berangkat ke Tanah Suci untuk memetakan dan memverifikasi aturan baru pelaksanaan umrah di masa pandemi.

Menurutnya, sebagian perwakilan yang sudah tiba di Saudi belum bisa melaksanakan umrah karena diharuskan menjalani masa karantina. Mereka yang sudah dikarantina pun tetap dibatasi hanya sekali beribadah umrah.

Amphuri menargetkan aturan pelaksanaan akan disusun semudah mungkin dipahami jemaah untuk mengurangi kesalahpahaman. “Kalau sudah dengan jemaah akan semakin sulit, jemaah sekadar pemahaman umrah dan biaya sementara aturan di sana tidak dipahami,” katanya.