Selama Perhitungan Belum Rampung, Joe Biden Minta Pendukungnya Tenang


kandidat calon presiden (capres) Partai Demokrat Joe Biden, (AFP / GETTY IMAGES / OLIVIER DOULIERY)

Hasil final Pilpres Amerika Serikat (AS) belum keluar. Ada penghitungan di empat negara bagian besar dan merupakan kunci yang masih berlangsung yakni di Arizona, Georgia, Nevada dan Pennsylvania. Persaingan ketat suara antara Donald Trump dan Joe Biden terjadi.

Dilansir laman BBC, Joe Biden namun terus mengingatkan pendukungnya agar tetap tenang selama penghitungan sauara belum rampung. Dia mengatakan tak ada alasan untuk tidak mengatakan mereka sedang menunggu kemenangan.

Diketahui politikus elite Demokrat itu sementara ini memimpin di Arizona dan Nevada dan sedikit tertinggal di Georgia dan Pennsylvania. Diperkirakan suara bisa saja selesai dihitung hanya hitungan jam sebelum tenggat waktu.

Sementara itu Donald Trump dan timnya menyatakan sudah menyiapkan draft gugatan hukum atas sejumlah penghitungan yang dianggap mengandung kecurangan. Belakangan Trump juga meminta agar penghitungan disetop.

Perihal gambaran proyeksi kemenangan, Joe Biden akan bisa mendapatkan 270 elektor sebagai syarat menang apabila setidaknya dia sudah pasti mendapatkan tambahan Nevada, Arizona, Wisconsin, dan Michigan.

Sementara itu, Trump akan menang setelah mendapatkan Pennsylvania bila ditambah dengan Georgia, North Carolina, Nevada, dan Arizona.

Pemilu AS kali ini termasuk paling bersejarah lantaran diselenggarakan pada saat pandemi COVID-19 yang sudah makan banyak korban jiwa di AS. Selain itu, lebih dari 100 juta orang bahkan sudah memilih di pre-election dan mengirimkan suara mereka lewat pengiriman maupun pos.

Sebelumnya, Joe Biden mengatakan semakin jelas bahwa dia kini makin cukup banyak punya peluang untuk segera memenangi electoral votes atau suara elektoral di Pemilu AS. Sementara Trump sempat melakukan klaim prematur bahwa dia menang pemilu.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>