Wakil Negara Bagian Duma Usulkan Khabib Jadi Pahlawan Rusia


Khabib Nurmagomedov, Foto: TWITTER.COM/UFC

Presiden Rusia Vladimir Putin didesak memberikan gelar Pahlawan Rusia kepada Khabib Nurmagomedov usai memenangi pertarungan UFC 254 melawan Justin Gaethje, 24 Oktober.

Khabib Nurmagomedov diusulkan jadi Pahlawan Rusia oleh Wakil Negara Bagian Duma, Gadzhimurad Omarov.

Usul tersebut dilayangkan Omarov melalui surat resmi kepada Presiden Putin pads Senin (2/11) waktu setempat.

“Khabib aktif mempromosikan dan mengembangkan olahraga, gaya hidup sehat, nilai-nilai kekeluargaan di Rusia di kalangan anak muda dan generasi muda, serta melakukan kegiatan amal,” kata Omarov dikutip dari Sports.ru.

Gadzhimurad Omarov cukup percaya diri dengan ide menjadikan Khabib Nurmagomedov sebagai Pahlawan Rusia akan diterima banyak pihak.

“Saya yakin, sebagian besar warga Federasi Rusia akan mendukung inisiatif ini,” ucap Omarov.

Khabib sendiri masih menunggu pertemuan dengan Vladimir Putin usai mempertahankan sabuk juara kelas ringan UFC setelah mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254 lewat kuncian di ronde kedua.
Banner Live Streaming MotoGP 2020

Pihak Kremlin menyatakan, pertemuan Khabib dengan Putin akan terjadi setelah petarung berjulukan The Eagle itu siap dan pandemi virus corona menunjukkan tren menurun.

Vladimir Putin juga pernah menyambut Khabib Nurmagomedov dan mendiang ayahnya Abdulmanap Nurmagomedov usai petarung 32 tahun itu memenangi duel UFC 229 melawan Conor McGregor pada 2018.

Kini, setelah mempertahankan sabuk juara kelas ringan usai UFC 254, Khabib memutuskan pensiun karena menepati janji dengan ibunya, Patimat Nurmagomedova.