Saat Lakukan Pendaratan, Pesawat Latih Milik TNI AU Alami Kecelakaan di Area Bandara Adisutjipto


Ilustrasi, Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Sebuah pesawat latih KT-1B Wong Bee dengan Nomor Register LL-0111 milik TNI AU mengalami kecelakaan di sekitar Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Senin (7/12/2020). Pesawat latih ini ditumpangi oleh dua orang pilot TNI AU, Mayor Pnb Sekti Ambarwati (instruktur) dan Letda Adm Krisna Nugraha (Siswa Penerbang).

Kadispenau Kolonel Pnb Indan Gilang dalam keterangan tertulisnya menyebut bahwa kecelakaan terjadi saat dua pilot itu menjalani latihan rutin. Kedua pilot itu mengalami kecelakaan pada pukul 12.50 WIB.

“Kecelakaan terjadi pukul 12.50 WIB, pada saat melakukan pendaratan di ujung barat landasan pacu atau runway 09 Lanud Adi Sutjipto,” ujar Indan.

“Pilot dan siswa berhasil keluar dari pesawat dengan selamat, demikian juga tidak terjadi kerusakan dan kerugian material & personel di darat, karena pesawat jatuh di area tanah kosong di dalam Lanud Adisutjipto,” sambung Indan.

Indan menerangkan, pesawat latih itu mengalami kerusakan berat atau total lost. Indan merinci bahwa pihak TNI AU masih melakukan investigasi terkait penyebab kecelakaan.

Sementara untuk dua pilot yang mengalami kecelakaan, Indan menyebut saat ini sedang menjalani pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh tim dokter Rumah Sakit Pusat TNI AU (Ruspau) Hardjolukito, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>