Bulan Ini, TPU Rorotan Siap Tampung Jenazah Covid-19


Petugas pemakaman mengali tanah untuk jenazah pasien COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Selasa (5/5/2020). Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, pemakaman pasien corona digelar tanpa dihadiri banyak orang.AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan tempat pemakaman umum (TPU) Rorotan siap tampung jenazah pasien Covid-19 bulan ini. Pada tahap awal, Pemerintah Provinsi telah menyediakan 8.000 meter lahan dengan kapasitas 1.500 petak makam.

“Kita sudah menyiapkan di beberapa tempat, termasuk di Rorotan. Insya Allah bulan ini sudah bisa digunakan,” ucap Riza, Selasa (5/1/2021).

Ia menuturkan, di bulan ini pula manajemen TPU Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur bisa mengalihkan jenazah pasien Covid-19 ke TPU Rorotan, jika kedua lokasi tersebut sudah tidak mampu menampung jenazah.

“Sekali pun di TPU Pondok Ranggon dan di TPU Tegal Alur sudah hampir penuh tapi di Rorotan sudah siap. Jadi nanti tinggal dialihkan saja,” ujarnya.

Pemprov DKI diketahui telah menyiapkan lahan baru untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19, setelah TPU Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur sudah tidak mampu lagi menampung jenazah. Lahan baru yang disediakan di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, seluas 8.000 meter.

“Tahap pertama seluas 8.000 meter dari 2 hektare yang dapat menampung sekitar 1.500 petak makam,” katanya dalam unggahan media sosial instagram @bangariza, Kamis (31/12).

Selain itu, Pemprov DKI juga masih terus mematangkan lahan di TPU Rorotan dengan luas 25 hektare. Kendati begitu Riza tidak menyebutkan pasti kapan TPU tersebut dapat digunakan.

“Sekali lagi lahan baru untuk pemakaman segera kita buka di TPU Rorotan di Jakarta Utara,” jelasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>