Connect with us

Berita

PPKM Mikro 9-22 Februari 2021, Pemerintah Gelar Swab Antigen Gratis di Kelurahan

AKTUALITAS.ID – Pemerintah berencana menggelar swab test atau tes usap antigen deteksi Covid-19 gratis di desa dan kelurahan saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro pada 9-22 Februari 2021. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan tes cuma-cuma itu bagian dari upaya 3T (testing, tracing dan treatment) selama PPKM Mikro. Tes ini akan dilaksanakan oleh […]

Published

on

corona, covid, bpkp, swab

AKTUALITAS.ID – Pemerintah berencana menggelar swab test atau tes usap antigen deteksi Covid-19 gratis di desa dan kelurahan saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro pada 9-22 Februari 2021.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan tes cuma-cuma itu bagian dari upaya 3T (testing, tracing dan treatment) selama PPKM Mikro. Tes ini akan dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan.

“Dilaksanakan swab-test antigen secara gratis kepada di desa/kelurahan yang akan disediakan oleh Kementerian Kesehatan dengan menggunakan Faskes dan Puskesmas di wilayah masing-masing,” tulis Airlangga dalam salindia saat jumpa pers daring, Senin (8/2/2021).

Pemerintah juga akan meningkatkan kapasitas penelusuran kontak (tracing). Pasukan Babinsa TNI dan Babinkamtibmas Polri juga bakal diterjunkan guna membantu penelusuran kontak.

Mereka juga akan memperbaiki perawatan atau treatment pasien Covid-19. Menurut Airlangga, pemerintah akan menyiapkan tempat isolasi berbasis RT dan RW.

“Pelaksanaan isolasi mandiri, isolasi terpusat, perawatan di faskes yang dikoordinasikan oleh Pos Jaga Desa/Kelurahan,” tulis Airlangga di salindia yang sama.

Selain memperbaiki 3T, pemerintah juga merancang bantuan berbasis RT-RW. Pemerintah akan menyalurkan masker dan bahan pokok untuk warga terdampak.

“Pemberian bantuan beras untuk masyarakat desa Zona Merah,” tulisnya.

Pemerintah menerapkan PPKM Mikro di sejumlah wilayah Jawa-Bali pada 9-22 Februari. Kebijakan ini merupakan kelanjutan dari PPKM Jawa-Bali yang mulai diterapkan sepanjang empat pekan lalu.

Kebijakan kali ini berfokus pada kegiatan masyarakat di lingkungan RT-RW. Keputusan tersebut diambil usai pemerintah melihat mobilitas warga di berbagai sektor menurun, kecuali lingkungan pemukiman.

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending