Seorang Warga Sipil Tewas Ditembak KKB Papua


Ilustrasi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TNPB) merekrut anak-anak remaja sebagai tentara untuk melawan militer Indonesia. Foto/RNZ Pacific/Sebby Sambom

AKTUALITAS.ID – Seorang warga sipil berinisial RNR (32) di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Senin, 8 Januari 2021.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan, berdasarkan dari keterangan saksi berinisial M yang merupakan istri dari korban mengatakan, pelaku datang dari arah jalan belakang rumah korban (Jalan Bilogai Kampung) kemudian mendatangi korban dan menyampaikan bahwa ingin menjual minyak tanah.

Selanjutnya korban memanggil saksi karena ada yang menjual minyak tanah, kemudian pelaku menyampaikan kepada saksi bahwa dia tidak membawa jerigen minyak tanah dan meminta jerigen kepada saksi. Saat saksi hendak membalikan badan untuk mengambil jerigen, pelaku langsung menodongkan senjata kepada korban dan menembak korban dengan senjata api laras pendek. Selanjutnya pelaku melarikan diri.

“Melihat kejadian tersebut saksi langsung berteriak meminta bantuan sehingga masyarakat yang berada di sekitaran lokasi panik dan langsung berlarian,” kata Kamal, Selasa, (9/2/2021).

Kemudian, kata Kamal, pukul 17.40 WIT salah satu tetangga korban, melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sugapa untuk meminta bantuan kepada personel Polsek Sugapa.

Selanjutnya personel gabungan langsung mendatangi TKP dan mengevakuasi korban ke Puskesmas Bilogai guna dilakukan tindakan medis.

Lebih lanjut Kamal mengatakan, pasca kejadian aparat Gabungan TNI-Polri terus tingkatkan Patroli di sekitaran TKP dan di Kota Sugapa Kabupaten Intan Jaya.

Untuk korban mengalami luka tembak di bawah hidung kiri tembus rahang leher tembus bahu kanan. Saat ini korban dalam keadaan sadar dan telah mendapat perawatan di Puskesmas Bilogai, direncanakan pada hari ini, Selasa tanggal 9 Februari 2021, korban akan dievakuasi ke Kabupaten Mimika.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>