Langgar Prokes, Lapak Pedagang Sate Taichan di Tanah Abang Disegel


Ilustrasi, (Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Dua lapak pedagang sate taichan ditertibkan di Jalan Tentara Pelajar, Kelurahan Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Lapak pedagang kaki lima itu ditutup sementara oleh polisi karena dinilai melanggar protokol kesehatan Covid-19.

“Sanksi penutupan tersebut dilakukan selama 3×24 jam karena menimbulkan kerumunan,” kata Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/6).

Singgih menjelaskan, pelanggaran protokol kesehatan terjadi pada Minggu (13/6) malam. Saat itu, para pembeli yang mengantre tidak menerapkan antrean sesuai protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan tidak memakai masker.

“Karena itu, aparat kepolisian bersama dengan Satpol PP serta personel TNI langsung membubarkan kerumunan dan menutup lapak dagangan tersebut,” ujar dia.

Akibat kejadian pada minggu malam itu, lanjut Singgih, pada Senin malam, polisi, TNI dan Satpol PP melakukan penyegelan di dua lapak tersebut. Singgih mengungkapkan, pihak penjual sate taichan di lingkungan tersebut sebelumnya telah diberikan peringatan terkait dengan kerumunan pembeli.

“Sayang peringatan tidak didengarkan sehingga kerumunan pun kembali terulang, mereka tetap membandel dan akhirnya terpaksa ditutup,” ujar dia.

Singgih mengingatkan warga kondisi DKI Jakarta dengan angka kasus aktif Covid-19 tengah meningkat. Polisi bersama TNI dan Satpol PP pun terus menggelar patroli rutin untuk mencegah kerumunan yang berpotensi penyebaran Covid-19.

“Kami minta untuk semua pihak tetap menjaga protokol kesehatan, karena ini sangat penting sebagai upaya pencegahan,” dia menandasi.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>