Soal Opsi Perpanjangan PPKM Darurat, Wagub DKI Akui Siap Ikut Pusat


Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

AKTUALITAS.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya siap mengikuti pemerintah pusat terkait opsi untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat. Riza menyampaikan pihaknya mencatat perbaikan kasus Covid-19 dalam 10 hari terakhir selama pelaksanaan PPKM Darurat.

Namun, ia menyatakan siap apabila pemerintah pusat mau memperpanjang kebijakan tersebut.

Jawa-Bali “Kita siap melaksanakan kebijakan yang diputuskan oleh pemerintah pusat terkait perpanjang dimungkinkannya perpanjangan PPKM Darurat,” ujar Riza kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (13/7/2021).

Ia menjelaskan, perbaikan yang dimaksud mencakup penurunan mobilitas warga hingga peningkatan jumlah tes PCR. Di samping itu, menurutnya, tingkat kematian juga menurun, bersamaan dengan angka kesembuhan yang terus meningkat.   

Selain itu, Riza mengatakan pihaknya juga terus menambah kapasitas rumah sakit dan menambah jumlah tenaga kesehatan. Baca juga: Satgas Sebut Ada Kemungkinan Perpanjangan PPKM Darurat “Tadi kami rapat dipimpin Pak Menko Pak Luhut Binsar Panjaitan kita akan mengupayakan tenaga kesehatan dalam jumlah yang besar tempat tidur ruang ICU dalam jumlah yang besar,” kata dia.

Politikus Partai Gerindra itu tak menyebut jumlah pasti kapasitas rumah sakit dan tenaga kesehatan yang akan ditambah. Namun, kata dia, angkanya bisa mencapai lebih dari 1.000 tempat tidur terutama untuk Wisma Atlet, dan sekitar 3.000 tambahan nakes. Riza memastikan bahwa pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan akan mendapat perawatan.

Selain Wisma Atlet, sejumlah tempat yang telah disiapkan seperti sejumlah Rusun Nagrak, Rusun Pasar Rumput, hingga JIEXpo Kemayoran. “Prinsipnya di Jakarta kita akan upayakan tempat-tempat terbaik untuk dijadikan [tempat perawatan] pasien Covid,” kata Riza.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>