Megawati: Penanganan Bencana di Daerah Masih Sangat Lambat


Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menyampikan pidato politiknya pada HUT PDIP ke -44 di JCC, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2017). Perayaan HUT ke-44 PDI Perjuangan dihadiri Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla.

AKTUALITAS.ID – Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri menuturkan, penanganan bencana di daerah masih sangat lambat. Hal ini disampaikan dalam Rakorbangnas BMKG yang digelar secara daring, Kamis (29/7/2021). Namun, Megawati tidak menyebutkan daerah mana saja yang dimaksud.

“Jadi bagi daerah, saya sangat melihat sampai saat ini, mohon maaf daerah sangat lambat sekali,” ujar Megawati.

Megawati menjelaskan, daerah sangat lambat dalam menangani bencana karena sebuah pola pikir. Daerah abai kesiapan menghadapi bencana karena dianggap tidak akan terus terjadi.

“Karena masih dalam pola pikir ‘ah bencana enggak selalu terjadi tiap hari’. Jadi tidak ada rutinnya. Padahal, satu kali kejadian maka korban manusia pasti terjadi, korban dan sebagainya,” jelas Ketua Umum PDI Perjuangan ini.

Sebab itu, Megawati mendorong daerah mengalokasikan dana untuk penanganan bencana.

Selain itu, Bulog juga harus punya persediaan beras. Supaya ketika terjadi bencana beras tersebut bisa langsung dikirimkan ke daerah terdampak.

“Waktu itu saya buat 10 ton. Begitu sudah terdengar ada bencana, maka enggak ada pertanyaan. Bulog harus segera kirimkan beras,” ujar Megawati. 

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>