Pada Juli 2021, Penjualan Eceran Membaik


Ilustrasi Pasar Tradisional, Foto; Ist

AKTUALITAS.ID – Hasil survei Bank Indonesia (BI) memperkirakan penjualan eceran secara bulanan membaik pada Juli 2021. Ini diindikasikan oleh berkurangnya kontraksi Indeks Penjualan Riil (IPR) dari minus 12,8 persen pada Juni menjadi minus 8,3 persen pada Juli.

BI dalam pernyataan yang dikutip dari situs resmi mereka menyatakan ada beberapa faktor pendukung perbaikan penjualan eceran. Salah satunya dari perbaikan permintaan kelompok makanan, minuman dan tembakau.

Perbaikan itu sejalan dengan strategi penjualan secara daring ataupun pesan antar. Meski membaik, secara tahunan, penjualan eceran Juli 2021 masih minus 6,2 persen.

Itu terutama terjadi pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi, barang budaya dan rekreasi, dan subkelompok sandang.

Dari sisi harga, responden BI memprakirakan tekanan inflasi pada September cenderung menurun dan pada Desember diprakirakan meningkat lagi.

Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) pada September sebesar 112,7, menurun dari bulan sebelumnya, didukung pasokan yang cukup karena distribusi barang yang lancar.

Sementara itu, IEH Desember sebesar 129,3, lebih tinggi dari capaian pada bulan sebelumnya sebesar 119,9 didorong oleh tingginya permintaan dan berkurangnya ketersediaan barang saat HBKN Natal dan persiapan Tahun Baru.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>