Luhut: Para Tokoh Lintas Agama Sepakat Penanganan Pandemi Covid-19 tak Dipolitisasi


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan,AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan Jumat (21/8) bertemu secara daring dengan para tokoh pemuka lintas agama. Dalam kesempatan tersebut dia menjelaskan berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

“Lewat pertemuan daring, saya jelaskan pada mereka banyak hal mulai dari usaha pemerintah dalam memaksimalkan jumlah suntikan vaksinasi hingga memaksimalkan peran 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) serta tak ketinggalan menggalakkan 3M di masyarakat,” tulis Luhut dalam akun instagramnya @luhut.pandjaitan, Jakarta, Sabtu (21/8/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Luhut mengaku banyak mendapatkan apresiasi dan berbagai masukan dari para tokoh agama yang hadir. Meskipun perkembangan kasus di Jawa-bali menunjukkan perbaikan, namun dia meminta agar semua pihak tetap berhati-hati dan tidak lengah.

“Saya katakan kepada mereka bahwa kita tetap perlu berhati-hati dan tidak boleh lengah,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut Luhut dan para tokoh lintas agama bersepakat agar penanganan pandemi tidak dipolitisasi. Alasannya Pemerintah melakukan penanganan pandemi lewat pendekatan ilmiah dengan melibatkan banyak para ahli. Mulai dari epidemolog, ekonom hingga pemerhati sosial.

“Kami juga sepakat bahwa jangan sampai ada politisasi dari penanganan pandemi hari ini,” kata Luhut.

Untuk itu, dia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi terhadap peran para tokoh lintas agama yang sudah saling bahu membahu membantu Pemerintah. Mulai dari pemberian masker hingga melakukan program vaksinasi bersama.

Dalam kesempatan yang sama, Luhut mengajak agar para tokoh lintas agama memainkan peran sentralnya di masyarakat agar penerapan protokol kesehatan dilakukan secara disiplin. Luhut meminta masyarakat untuk tidak takut bila diminta melakukan test Covid-19 maupun pelacakan.

“Secara pribadi saya mengajak semua tokoh lintas agama yang mempunyai peran sentral di masyarakat untuk bersama-sama menghimbau para umat beragama agar mematuhi protokol kesehatan secara disiplin, tidak perlu takut untuk di-test dan di-tracing, serta mau untuk dibawa ke isolasi terpusat jika memang terkonfirmasi positif dan sedang sakit,” tuturnya.

Tak kalah penting, tulis Luhut, dia mengajak seluruh umat dan masyarakat untuk bersedia melakukan vaksinasi. Termasuk mengajak masyarakat untuk berdoa agar pandemi segera berakhir.

“Tak lupa juga saya sampaikan permohonan agar kiranya mereka mendoakan segenap elemen anak bangsa yang sedang berjuang mencapai target kita yaitu pengendalian pandemi Covid-19 di tanah air,” kata dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>