Rebut Lembah Panjshir, Taliban Kirim Ratusan Milisi


Ilustrai, Militan Taliban di Afghanistan ©AFP PHOTO/FARIDULLAH AHMADZAI

Taliban mengutus ratusan gerilyawannya untuk merebut Lembah Panjshir, salah satu wilayah di Afghanistan yang belum dikuasai kelompok tersebut.

“Ratusan mujahiddin Imarah Islam (Taliban) sedang menuju negara bagian Panjshir untuk menguasainya, setelah pejabat negara setempat menolak menyerahkan secara damai,” ujar Taliban melalui Twitter, sebagaimana dikutip Al Arabiya, Minggu (22/8).

Hingga saat ini, pemimpin milisi di Lembah Panjshir, Ahmad Massoud, memang tak mau menyerahkan daerah itu ke tangan Taliban.

Taliban pun mengultimatum Massoud dan pasukannya hanya punya waktu empat jam untuk menyerahkan Lembah Panjshir, daerah yang diduga menjadi persembunyian Wakil Presiden Afghanistan, Amrullah Saleh.

Panjshir sendiri merupakan benteng pertahanan para pejuang Aliansi Utara yang bergabung dengan Amerika Serikat saat menggulingkan Taliban pada 2001. Panjshir juga salah satu wilayah yang dikenal menolak pendudukan rezim Soviet hingga Taliban pada 1980-an.

Mahmoud pun menyatakan bahwa pasukannya akan melawan Taliban jika kelompok itu memang benar-benar menyerang.

“Jika panglima perang Taliban melancarkan serangan, mereka tentu saja akan menghadapi perlawanan keras dari kami. Kami menghadapi Uni Soviet, dan kami akan mampu menghadapi Taliban,” katanya.

Namun, dia juga membuka opsi untuk berdialog dengan Taliban.

“Kami mau membuat Taliban menyadari satu-satunya cara melalui negosiasi,” ujar Massoud sebagaimana dikutip Reuters.

Massoud merupakan anak komandan Mujahidin Ahmad Shah Massoud yang dibunuh kelompok Al Qaidah, dua hari sebelum serangan 11 September di Amerika Serikat.

Ia mengklaim telah mengumpulkan kekuatan perang hingga sekitar 9 ribu orang. Kekuatan perang itu dilaporkan sebagian berasal dari pasukan pemerintahan Afghanistan.

Sejak Taliban mengambil alih kekuasaan,ribuan orang memang dilaporkan menuju Panjshir untuk bergabung dengan gerakan perlawanan dan mencari lokasi aman untuk melanjutkan hidup.

Kemarin, hari Minggu (22/8), pasukan anti-Taliban mengaku telah merebut tiga distrik di dekat Lembah Panjshir.

Melalui kicauan Twitter, Menteri Pertahanan Afghanistan, Jenderal Bismillah Mohammadi, menuturkan a distrik Deh Saleh, Baon, dan Pul-Hesar berhasil direbut dari tangan Taliban.

Bismillah adalah salah satu pejabat yang bersembunyi di Panjshir. Ia juga telah berjanji akan melawan Taliban.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>