Diduga Korselting Listrik, Puluhan Rumah di Kemayoran Hangus Terbakar


AKTUALITAS.ID – Kebakaran yang melalap 60 rumah di Kemayoran, Jakarta Pusat, diduga kuat karena korsleting dari tiang listrik yang menyambar ke rumah warga di sana.

“Iya, dugaannya seperti itu. Terjadi perambatan saat adanya penyalaan (percikan) pada kabel udara,” kata Humas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Mulat Wijayanto, kepada wartawan, Senin, (30/8/2021)

Buntut kebakaran hebat ini, instansinya sampai menerjunkan sebanyak 21 unit mobil pemadam kebakaran. Lalu, ada 84 personel pemadam yang diterjunkan ke lokasi kejadian guna memadamkan nyala api.

Menyala sekitar pukul 18.15, api dipastikan padam sekitar pukul 21.35 WIB. Terkait jumlah kerugian dalam kejadian ini belum dapat diprediksi.

“Pengerahan unit dan personel adalah 21 unit dan 84 personel,” katanya.

Kebakaran hebat terjadi di Jalan Swadaya, RT 014 RW 05, Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 29 April 2021. Kebakaran yang terjadi tepat di belakang Apartemen Grand Place, sekitar pukul 18.20 WIB itu menghanguskan 60 rumah petak.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, Asril Rizal, mengatakan area yang terbakar merupakan kawasan padat penduduk. Sehingga, api cepat menjalar. Api yang menjalar cepat itu menghanguskan 60 rumah.

“Untuk yang terbakar tadi kurang lebih masih dalam pendataan, ada 60 rumah petak. Bangunannya memang kecil-kecil dan ini di kawasan padat penduduk,” kata Asril saat ditemui di lokasi kebakaran, Minggu malam.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>