Wagub Riza Patria Minta Warga Jakarta Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem


Warga mengungsi keatap rumah saat banjir merendam rumah warga di Cipinang Melayu, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir akibat luapan kali Sunter ini merendam rumah warga hingga ketinggian 2 meter. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta jajaran Pemprov DKI dan warga bersiap dan siaga menghadapi cuaca ekstrem pada musim hujan tahun ini. Kesiagaan tinggi perlu dilakukan bagi warga di daerah rawan banjir.

Riza menjelaskan, daerah rawan banjir bisa disebabkan karena banjir rob, banjir kiriman, ataupun banjir lokal. “Persiapan jelang cuaca ekstrem, menjelang intensitas hujan yang semakin tinggi, prinsipnya kami minta semua jajaran siap siaga dan yang tidak kalah penting sebetulnya masyarakat yang harus siaga,” ujar Riza di Balai Kota, Selasa (7/9/2021).

Sebelumnya, Pemprov DKI juga telah bersiap dengan segala anomali cuaca. Salah satu yang dilakukan yakni mempercepat optimalisasi sungai dan proyek lain penunjang pengendalian banjir.

“Tentu program-program yang sudah jalan dilakukan percepatan, optimalisasi sumur resapan, waduk, pengerukan kali sungai, gerebek lumpur dan lain-lain,” kata Riza pada Kamis (26/8) malam.
Pemprov DKI juga terus memantau segala prediksi potensi bencana alam yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan peringatan terkait adanya potensi bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi menjelang akhir 2021. Sebab diprediksi, musim hujan akan datang lebih awal dari normalnya dari biasanya pada akhir 2021.

“Jadi BMKG memperingatkan sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami musim hujan dengan intensitas lebih tinggi dari biasanya. Puncaknya musim hujan 2021-2022, diprediksi akan terjadi Januari dan Februari,” kata Dwi saat jumpa pers daring, Kamis (26/8).

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>