Akibat Diguyur Hujan Deras Seharian, Ratusan Rumah di Sorong Terendam Banjir


Pengendara saat mencoba melintasi banjir yang merendam kawasan Cawang, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir sejak pukul 03.00 WIB dini hari, membuat lalu lintas kawasan Cawang lumpuh. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Hujan deras yang mengguyur Kota Sorong, Provinsi Papua Barat sejak Sabtu (11/9/2021) siang hingga malam memicu banjir.

Alhasil ratusan rumah dan sejumlah ruas jalan di Sorong terendam banjir.

Seperti dilansir Antara, lokasi yang paling parah terdampak banjir adalah bantaran sungai Remu. Di sana ada ratusan rumah terendam air hingga sekitar 95 centimeter.

Banjir juga merendam perumahan di kawasan seputar jembatan HBM hingga belakang gedung olahraga jalan baru Kota Sorong. Sebagian penduduk yang rumahnya terendam banjir memilih mengungsi ke tempat aman, tetapi ada juga yang memilih bertahan sambil menunggu banjir surut.

Selain merendam perumahan, banjir juga menggenangi Jalan Ahmad Yani, kawasan pertokoan HBM hingga pahlawan, serta Jalan Nuri hingga kantor Wali Kota Sorong. Akibatnya arus lalu lintas kendaraan juga terganggu.

Jalan lain di Sorong yang juga terendam banjir adalah Jalan Frans Kaisiepo kilometer delapan serta Jalan Malanu hingga kilometer 10.

Banjir juga merendam Jalan Kilometer 14 yang merupakan satu-satunya jalur penghubung kabupaten dan kota Sorong.

Seorang warga Malanu, Kota Sorong, Ally (32) mengatakan, banjir merendam rumah warga dan sejumlah ruas jalan di Kota Sorong karena saluran drainase tertutup lumpur akibat aktivitas galian c.

Dia mengatakan, banjir yang merendam kawasan tersebut bukan baru kali ini, tetapi sudah berulang setiap tahun jika curah hujan tinggi.

“Kami berharap agar pemerintah daerah mencari solusi untuk mengatasi masalah banjir yang terjadi setiap curah hujan tinggi,” ujar Ally.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>