Untuk Sistem Pertahanan ‘Iron Dome’ Israel, DPR AS Setujui Dana USD 1 Miliar


Sistem anti-rudal Iron Dome milik Israel di kota Ashdod saat mencegat sebuah roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza, pada Senin (17/5/2021).(AFP PHOTO/AHMAD GHARABLI)

DPR Amerika Serikat (AS) melakukan pemungutan suara pada Kamis untuk pemberian dana sebesar USD 1 miliar untuk sistem pertahanan rudal Israel Iron Dome, dua hari setelah adanya keberatan dari sebagian besar anggota Demokrat liberal yang memaksa para pemimpin mencabut rencana tersebut dari RUU APBN.

Sejumlah anggota DPR dari Demokrat yang progresif, yang menuduh Israel melakukan pelanggaran HAM terhadap warga Palestina, keberatan dengan dimasukkannya ketentuan dalam RUU APBN khususnya terkait pengeluaran yang lebih luas.

Penolakan Demokrat ini mengancam alur pengesahan RUU ini, dengan kursi Demokrat di DPR yang kecil, Partai Republik menentang rencana untuk mendanai pemerintah federal hingga 3 Desember dan menaikkan batas pinjaman negara.

DPR mengesahkan RUU ini pada Selasa. Tapi usulan pencabutan pendanaan Iron Dome Israel membuat geram kalangan Demokrat sentris dan membuat para anggota Republik melabeli partai tersebut sebagai anti-Israel, meskipun ada tradisi panjang di Kongres AS terkait dukungan kuat dari kedua belah pihak untuk negara Yahudi tersebut.

Para pemimpin DPR dari Demokrat segera menyampaikan, mereka akan mengusulkan RUU tersendiri terkait pendanaan Iron Dome Israel.

Dilansir Reuters, Jumat (24/9), Perdana Menteri Israel Naftali Bennet berterima kasih kepada kedua partai di DPR atas dukungan mereka.

“Mereka yang berusaha menghalangi dukungan ini mendapatkan mendapat respons luar biasa hari ini,” ujarnya dalam sebuah pernyataan.

Anggota Demokrat liberal mengkritik kebijakan AS atas Israel ini, mengatakan seharusnya AS lebih memperhatikan persoalan HAM seperti kematian warga sipil Palestina ketika Israel menyerang balik setelah Hamas menembakkan roketnya pada Mei lalu.

“Kita juga seharusnya membahas soal perlunya perlindungan untuk warga Palestina dari serangan Israel,” jelas anggota DPR dari Demokrat, Rashida Tlaib, menentang pendanaan tersebut selama sidang di DPR.

RUU pendanaan Iron Dome sebesar USD 1 miliar ini bertujuan untuk menggantikan pencegat rudal yang digunakan Israel untuk menangkal roket yang ditembakkan dari Gaza selama konflik pada Mei lalu.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>