Luhut Perintahkan Pemprov DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat Segera Percepat Vaksinasi Booster


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan,AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memerintahkan pemerintah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat segera mempercepat program vaksinasi booster.

Luhut mengatakan Jabodetabek saat ini tercatat memiliki capaian vaksinasi dosis 1 dan 2 yang cukup tinggi, namun di wilayah itu pula terjadi penyebaran kasus virus corona (Covid-19) varian Omicron.

Hal itu ia sampaikan dalam Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM Jawa-Bali bersama seluruh Gubernur Jawa Bali dan Forkimpimda untuk antisipasi gelombang varian Omicron, Kamis (20/1/2022).

“Hari ini teater perang sesungguhnya akibat peningkatan kasus terjadi di wilayah Jabodetabek, untuk itu saya minta provinsi DKI, Banten, dan Jawa Barat agar segera mengakselerasi vaksinasi booster.” ujar Luhut dalam keterangan resmi dikutip Jumat (21/1).

Luhut mencatat hingga saat ini angka kematian masih tetap terjaga meski tengah terjadi peningkatan penularan kasus varian Omicron.

Kendati demikian, ia mewaspadai tingkat kematian tetap dapat meningkat ketika kasus naik berkali-kali lipat. Hal itu dengan melihat pengalaman negara lain.

“Upaya flattening the curve atau memperlandai kenaikan kasus positif, harus dilakukan untuk mengurangi beban sistem kesehatan. Kuncinya adalah penegakan protokol kesehatan dan akselerasi vaksinasi di tiap daerah,” kata dia.

Luhut meminta para kepala daerah untuk mengantisipasi penyebaran kasus Omicron dari Jabodetabek ke provinsi lain. Baginya, penyebaran itu potensial akan terjadi dengan lebih cepat. Mengingat saat ini Jabodetabek adalah pusat mobilitas masyarakat.

“Meski belum terjadi peningkatan signifikan di provinsi lain, provinsi lain juga harus tetap bersiap. Saya minta kepada Panglima TNI dan Asops Kapolri untuk kembali menyiapkan isolasi terpusat di setiap daerah.” tambah Luhut.

Data Kementerian Kesehatan per Minggu (15/1) lalu tercatat sudah ada lima daerah Jakarta yang masuk kategori zona merah penyebaran varian Omicron. Kategori merah berarti daerah tersebut mencatat lebih dari delapan pasien Omicron.

Lima daerah zona merah itu yakni; Kalideres, Kebon Jeruk, Kebayoran Baru, Cilandak, dan Senen.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>