Presiden Ukraina: Rusia Mengarah ke Genosida


Ilustrasi

AKTUALITAS.ID – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut tindakan Rusia ke negaranya hampir mengarah kepada genosida. Zelensky juga mendesak dunia untuk menghapus hak suara Rusia di Dewan Keamanan PBB.

“Ini teror. Mereka akan mengebom kota-kota Ukraina kita, terlebih lagi, mereka akan membunuh anak-anak kita dengan lebih halus. Ini adalah kejahatan yang telah datang ke tanah kita dan harus dihancurkan. Tindakan kriminal Rusia terhadap Ukraina menunjukkan tanda-tanda genosida,” kata Zelensky dalam sebuah pesan video pendek, dilansir Channel News Asia, Minggu (27/2/2022).

Zelensky juga mengatakan Rusia membombardir daerah-daerah pemukiman di Ukraina.

“Tadi malam di Ukraina brutal, sekali lagi penembakan, lagi-lagi pemboman di daerah pemukiman, infrastruktur sipil,” kata Zelensky.

“Hari ini, tidak ada satu hal pun di negara ini yang tidak dianggap sebagai target. Mereka berperang melawan semua orang. Mereka berperang melawan semua makhluk hidup – melawan taman kanak-kanak, melawan bangunan tempat tinggal dan bahkan melawan ambulans,” tambahnya.

Presiden Ukraina itu juga mengatakan pasukan Rusia “menembakkan roket dan rudal ke seluruh distrik kota di mana tidak ada dan tidak pernah ada infrastruktur militer”.

“Vasylkiv, Kiev, Chernigiv, Sumy, Kharkiv dan banyak kota lain di Ukraina hidup dalam kondisi yang terakhir dialami di tanah kami selama Perang Dunia II,” imbuhnya.

Sebelummya militer Ukraina memberikan sejumlah imbauan kepada warganya. Seperti cabut rambu-rambu jalan untuk membuat bingung pasukan Rusia. Tebang pohon untuk memperlambat pergerakan musuh. Bikin bom dari perangkat yang ada, dan hancurkan transportasi musuh lebih baik pada senja atau malam hari.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>