Prabowo Akan Bangun Bank Pangan


Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menghadiri silaturahmi dan tausiah kebangsaan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (18/5/2023). Kegiatan tersebut digelar oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI), dan Yayasan Prabowo Subianto. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan

AKTUALITAS.ID – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku tertarik mengembangkan bank pangan di Indonesia. Ketertarikannya tersebut itu karena terinspirasi dari Presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Malaysia YB Tan Sri Mohd. Ali bin Mohd. Rustam.

Nantinya, Prabowo akan membangun setidaknya satu bank makanan dalam waktu dekat. Meski begitu, Prabowo belum menyebutkan secara detail rencananya tersebut.

“Habis ini saya panggil saya punya staf dan segera kita mulai. Tidak usah dibesar-besarkan, yang penting kita mulai,” ujar Prabowo saat silaturahmi dengan BKPRMI di Masjid Istiqlal, Kamis (18/5/2023).

Ketua Partai Gerindra itu menjelaskan, bank pangan nantinya menerima bantuan makanan dari masyarakat berupa susu, beras, gula, dan sembako lainnya.

Masyarakat juga tidak harus memberikan makanan dalam jumlah banyak. Karena nantinya makanan akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

“Daripada makanan-makanan banyak yang katakanlah kelebihan, ada yang mungkin ke buang atau apa, daripada begitu dikumpulin di satu tempat yang disebut food bank yang bisa disalurkan ke orang-orang yang lebih perlu,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Malaysia, Tun Seri Ali Rustam menjelaskan bank pangan sangat bermanfaat bagi masyarakat rentan seperti fakir miskin dan anak yatim piatu. Ia mengimbau masyarakat berkemampuan bisa memberikan dukungan kepada food bank.

 “Saya mengimbau kepada pengurus DMDI lainnya mendukung Food Bank untuk diberikan kepada fakir miskin dan anak yatim,” ujar Tun Seri Ali Rustam.

Secara umum bank pangan adalah tempat di mana makanan ditawarkan kepada badan-badan nirlaba untuk dibagikan kepada orang tidak mampu secara cuma-cuma. [Kiki Budi Hartawan/Samsu]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>