Andy Djava: Kebudayaan Nasional Adalah Identitas


AKTUALITAS.ID – Indonesia kaya akan ragam seni budaya sudah semestinya Indonesia berbangga, maka sudah selayaknya bagi bangsa dan masyarakat negeri ini untuk melestarikan dan menjaga ragam seni budaya yang ada di Indonesia ini.

Demikian dikatakan ketua paguyuban Pecinta Wayang Golek (PWG) Bogor Raya, Andy Djava di Sekretariatnya jalan Nagrog Pamoyanan Bogor selatan, Jawa Barat. Kamis, (20/7/23) pagi.

“Jadi tidak mustahil jika banyak hasil cipta rasa dan karya dalam berbagai adat dan ragam seni budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ini selalu dilirik oleh bangsa lain”, kata Andy Djava.

Kebudayaan nasional, Sambungnya, adalah kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional. Dalam pembahasan ragam seni budaya mempunyai pengertian untuk Seni budaya berasal dari dua suku kata, Seni – Budaya.

Untuk kata Budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal yang diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia).

“Tapi semua terangkum menjadi satu yaitu sebuah ragam seni budaya yang ber bhineka tunggal ika dengan menunjukkan adat ketimuran dan berasaskan Pancasila”, ujarnya.

Menurutnya, secara definisi budaya dapat di artikan sebagai tata cara hidup manusia yang dilakukan secara kelompok atau masyarakat, dan di wariskan turun-temurun dari generasi ke generasi.

“Itulah hebatnya Indonesia dan patut kita bangga, selain kaya akan ragam budaya, tidak terkecuali bahasanya, Budaya jati diri bangsa”, pungkasnya. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>