Kado Spesial HUT RI ke-78, PLN Alirkan Listrik 21.369 Keluarga di Maluku dan Maluku Utara


AKTUALITAS.ID – PT PLN (Persero) kembali menunjukkan komitmennya dalam mengaliri listrik ke seluruh wilayah Indonesia.

Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, PLN memberi kado istimewa untuk warga Maluku dan Maluku Utara.

PLN elalui Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) mengalirkan listrik kepada 21.369 pelanggan yang terdiri dari 202 desa di Maluku dan Maluku Utara.

Kepala Desa Matakus, Fredy Turalely memberi apresiasi kepada PLN yang telah membantu masyarakat di wilayahnya.

Menurut Ferdy, impian masyarakat yang sudah puluhan tahun menunggu kehadiran listrik akhirnya tercapai.

“Diharapkan dengan adanya akses listrik yang memadai ini, tak hanya memenuhi kebutuhan energi masyarakat desa.”

“Melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk kemajuan dan pemutaran ekonomi daerah,” kata Ferdy.

Bukan hanya mengalirkan listrik, PLN juga melakukan pembangunan Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 870 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 171 kms.

Selain itu, ada juga 195 Unit Gardu Distribusi atau setara dengan kapasitas 11.275 kVA.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan langkah ini merupakan inisiasi dari pemerintah untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi (RE).

Tujuan dari langkah ini adalah agar seluruh masyarakat dapat mengakses listrik sehingga mendorong roda perekonomian pada daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

“Program Listrik Desa ini merupakan wujud nyata dari komitmen Negara hadir dalam mewujudkan energi berkeadilan,” ujar Darmawan.

“Oleh karena itu, PLN akan terus mendukung upaya Pemerintah untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi (RE) agar seluruh masyarakat dapat mengakses listrik sehingga mendorong roda perekonomian,” lanjutnya.

Darmawan juga mengapresiasi atas perjuangan PLN dan masyarakat dalam usaha untuk melistriki desa-desa yang masih kurang terjangkau saat ini.

“Perjuangan pasti tidak mudah, penuh tantangan, masyarakat juga bekerja sama, bahu membahu mengangkat trafo, tiang dan lainnya,” ungkap Darmawan.

“Dengan semangat yang kita miliki yakni semangat perjuangan serta dukungan dari seluruh pihak,perjalanan dan rintangan dapat diatasi dengan baik dan dijawab dengan keberhasilan pada hari ini,” tandasnya. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>