Dirjen PPI: Perkuat Kolaborasi Lewat Turnamen Futsal


AKTUALITAS.ID – Menyambut peringatan Hari Bakti Postel ke-78, Komunitas Pos dan Telekomunikasi bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Turnamen Futsal Menkominfo Cup XIV.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Wayan Toni Supriyanto menyatakan turnamen itu menjadi salah satu upaya untuk memperkuat kolaborasi komunitas pos dan telekomunikasi.

“Futsal adalah olahraga yang mencerminkan budaya kerja yang gesit, responsif, dan juga kolaboratif. Futsal mengajarkan kita bekerja gesit, adaptif, responsif, serta kolaboratif sebagai tim. Bukan hanya tentang mempertahankan, tapi juga bagaimana kita terus bergerak, berkolaborasi dalam setiap momen baik operan, tendangan, tembakan, maupun setiap gol yang kita ciptakan,” jelasnya saat membuka Pertandingan Eksebisi antara Pejabat Kemkominfo, Direksi Operator, Vendor Telko, dan Wartawan ICT Journalist Menkominfo Cup XIV di Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (09/09/2023).

Dirjen Wayan Toni mengharapkan turnamen itu menjadi wadah pemangku kepentingan bidang industri pos dan telekomunikasi untuk meningkatkan hubungan baik dan memperkuat kolaborasi dalam pembangunan komunikasi dan informatika Indonesia.

“Saya mengajak semua rekan-rekan yang bertanding untuk menjadikan turnamen futsal ini wadah menjalin hubungan erat, menunjukkan sportivitas, sekaligus memperkuat kolaborasi antar insan sektor pos komunikasi. Demi mewujudkan transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Tahun ini Hari Bhakti Postel ke-78 diperingati dengan tema “Kolaborasi Digital untuk Indonesia Maju”. Selain futsal, ada beragam turnamen olahraga serta donor darah.

Menurut Dirjen PPI Kementerian Kominfo, peringatan Hari Bhakti Postel setiap tahun menjadi media pengharaaan atas jasa para pahlawan Indonesia di bidang pos dan telekomunikasi yang mengambil alih pos dan telepon di Bandung dari kekuasaan penjajahan Jepang pada 27 September 1945.

“Setiap 27 September kita sebagai insan pos dan telekomunikasi memperingati Hari Bhakti Postel. Saya yakin adik-adik di sebelah saya ini tidak semua tahu history-nya. Jadi hari ini adalah bagian untuk mengingat, karena dari titik itu industri pos dan telekomunikasi Indonesia terus melaju, menjadi salah satu pilar sektor informasi dan telekomunikasi nasional,” jelasnya.

Dirjen Wayan Toni mengapresiasi kerja keras seluruh pihak dalam mendorong pertumbuhan sektor informasi dan telekomunikasi nasional tersebut.

“Triwulan pertama 2023, sektor ini bertumbuh 7,19% secara tahunan. Tepuk tangan bagi kita semua,” tandasnya.

Di akhir acara, Dirjen PPI menutup sambutannya dengan pantun, “Tanding futsal penuh ambisi, menggiring bola harus melaju. Dirgahayu sektor pos telekomunikasi, Indonesia Terkoneksi, Makin Digital Makin Maju.”

Turnamen Futsal Menkominfo Cup XIV tersebut juga diisi dengan penyerahan secara simbolik jersey tim futsal dari Ketua Pelaksana Hari Bhakti Postel ke-78 yang juga CEO Smartfren Telecom, Merza Fachys kepada Dirjen PPI; serta pertandingan eksibisi antar perwakilan industri.

Dipimpin langsung oleh Dirjen Wayan, tim futsal Dirjen PPI yang beranggotakan Sekretaris Ditjen PPI Indra Maulana dan beberapa perwakilan operator telekomunikasi, berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 melawan Tim ICT Journalist.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kemkominfo, Fadhilah Mathar; Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Danny Buldansyah; serta Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Muhammad Arif. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>