Langgar Kode Etik, PDIP Resmi Pecat Bobby Nasution sebagai Kader


Menantu Jokowi, Bobby Nasution dipecat dari PDIP (IST)

AKTUALITAS.ID – Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan resmi mencabut status Muhammad Bobby Afif Nasution sebagai kader. 

Keputusan itu diambil lantaran sang menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga Wali Kota Medan itu melakukan pelanggaran etik dan disiplin partai setelah mendukung pasangan yang bukan didukung PDI Perjuangan di pemilihan presiden 2024 mendatangkan.

Surat pemecatan Bobby diketahui dari surat pemberitahuan berkop surat DPC PDI Perjuangan Kota Medan bernomor 217/IN/DPC-29.B-26.B/XI/2023 tertanggal 10 November 2023. 

Surat itu ditandatangani Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan, Hasyim, dan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Medan, Roby Barus.

“DPC PDI Perjuangan Kota Medan menyatakan bahwa Muhammad Bobby Afif Nasution telah terbukti melakukan tindakan pelanggaran Kode Etik dan Disiplin Anggota Partai dengan tidak mematuhi peraturan dan keputusan partai,” seperti tertulis di surat tersebut.

Bobby hingga saat ini juga belum mengembalikan kartu tanda anggota (KTA) usai diberi kesempatan tiga hari.

“Sampai batas waktu yang diberikan oleh DPP Partai bahwa Sdr. Muhammad Bobby Afif Nasution belum juga menyerahkan surat pengunduran diri dan KTA PDI Perjuangan kepada DPC PDI Perjuangan Kota Medan”.

Sebelumnya, Bobby memimpin deklarasi dukungan Barisan Pengusaha Pejuang kepada pasangan Prabowo-Gibran di Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (8/11) lalu. Di organisasi itu dia menjabat sebagai ketua umum.

Bendahara DPC PDIP Medan Boydo Panjaitan telah memberikan tenggat waktu selama tiga hari kepada Bobby untuk mengembalikan KTA dan surat pengunduran diri jika memang mengusung pasangan lain di Pilpres 2024.

“Tapi nampaknya Bobby Nasution tidak menghiraukan petunjuk dari DPP, kalau memang mendukung Prabowo – Gibran harusnya terlebih dahulu menyampaikan pengunduran diri ke DPC PDIP. Tapi sampai sekarang kami belum ada menerima. Kan diberi waktu tiga hari untuk berpikir,” jelas Boydo. (Rafi)