16 Negara Dipastikan Lolos ke Piala Eropa 2024, Terakhir Belanda, Swiss dan Romania


Piala Eropa. (Foto: UEFA)

AKTUALITAS.ID – Daftar tim yang memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2024 (Piala Eropa 2024) yang akan digelar di Jerman tersebut, bertambah menjadi 16 negara, hingga Minggu (19/11/2023) dinihari.

Belanda, Swiss, dan Romania menjadi tiga negara yang baru mendapatkan kepastian menjadi kontestan Piala Eropa edisi ke-17.

Sebanyak 16 negara yang akan tampil di putaran final Euro 2024 mendatang sudah termasuk Jerman yang menjadi tuan rumah turnamen kompetisi terbesar antarnegara Eropa itu.

Terbaru ada Belanda yang memastikan diri menjadi runner-up Grup B di bawah Prancis, setelah meraih kemenangan 1-0 atas Irlandia berkat gol tunggal yang diciptakan oleh Wout Weghorst (11′).

Kemenangan Belanda atas Irlandia membuat mereka mengoleksi 15 poin, hasil dari tujuh pertandingan, dan tak lagi terkejar oleh Yunani yang kalah head-to-head dari tim Oranje.

Dari Grup I, Swiss dan Rumania memastikan tiket ke Euro pada waktu bersamaan. Pada laga Minggu (19/11) dini hari, Swiss hanya bermain imbang dengan Kosovo.

Meski cuma meraih satu poin, Swiss memastikan melangkah ke putaran final karena di laga lain Swiss mengalahkan Israel. Dengan demikian Rumania dan Swiss memastikan menjadi juara dan runner up Grup I.

Sebelumnya sudah terdapat 13 negara yang dipastikan berlaga di Piala Eropa 2024 yakni Jerman selaku tuan rumah serta 12 negara lain yang melalui fase kualifikasi.

Belgia, Prancis, dan Portugal adalah deretan negara yang bisa memastikan kelolosan melalui fase kualifikasi. Kemudian menyusul Skotlandia, Spanyol, Turki, Austria, dan Inggris.

Sementara dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa sejak akhir pekan kemarin terdapat Hungaria, Slovakia, Albania, dan Denmark yang mengikuti jejak peraih tiket Euro 2024. (Rafi)

Berikut ini 16 Tim Negara yang Lolos ke Piala Eropa 2024:

1. Jerman (tuan rumah)

2. Belgia

3. Prancis

4. Portugal

5. Skotlandia

6. Spanyol

7. Turki

8. Austria

9. Inggris

10. Hungaria

11. Slovakia

12. Albania

13. Denmark

14. Belanda

15. Rumania

16. Swiss

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>