Jelang Nataru, PT KAI Cek Kesiapan Perjalanan Kereta Tujuan Pulau Jawa


Ilustrasi. Layanan kereta api (IST)

AKTUALITAS.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bersama stakeholder perkeretaapian melakukan inspeksi ke berbagai wilayah di Pulau Jawa.

Kegiatan inspeksi ini bertujuan untuk mengecek kesiapan berbagai aspek menjelang Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Adapun inspeksi kereta ini dimulai sejak kemarin, Selasa, 5 Desember hingga Kamis, 7 Desember 2023 mendatang

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, periode Nataru 2024 merupakwn peak season untuk KAI. Karena itu perlu dilakukan pengecekan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan.

KAI sendiri menetapkan periode angkutan Nataru 2024 berlangsung selama 18 hari yakni mulai 21 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024 mendatang.

“Angkutan Natal dan Tahun Baru merupakan salah satu peak season perjalanan kereta api. Pengecekan ini kami lakukan untuk memastikan perjalanan kereta api di masa Angkutan Natal dan Tahun Baru nanti berjalan aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan,” ujar Didiek dalam keterangan resminya, Rabu, (6/12/2023).

Didiek mengatakan, inspeksi yang dilakukan mencakup aspek keselamatan dan pelayanan.

Untuk itu, dalam inspeksi ini kesiapan sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia, serta aspek penunjang lainnya dipastikan dalam kondisi prima.

“Perjalanan inspeksi kereta dibagi menjadi dua perjalanan, yaitu lintas utara dan selatan Pulau Jawa. Inspeksi lintas utara Jawa dimulai dari Stasiun Gambir menuju Cirebon, Semarang Tawang, Surabaya Pasar Turi, Ketapang, hingga Surabaya Gubeng,” ujar Didiek.

Sedangkan untuk jalur selatan, sambung Didiek, perjalanan dimulai dari Stasiun Gambir, Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, hingga Surabaya Gubeng. Di samping Komisaris dan Direksi KAI, turut serta dalam inspeksi tersebut jajaran Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>