Pada Akhir Tahun 2023, Transjakarta Akan Tambah 26 Unit Bus Listrik 


Ilustrasi. Bus Transjakarta (Shutterstock)

AKTUALITAS.ID – Sebanyak 26 bus listrik tambahan akan segera diluncurkan dalam pekan terakhir 2023.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Transjakarta Welfizon Yuza di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (16/12/2023).

Ia menjelaskan sepanjang tahun ini, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) siap mengoperasikan 100 unit bus listrik.

Menurutnya, hingga kini pihaknya sudah mengoperasikan 74 unit bus listrik dan akan menambah 26 unit lainnya sebelum akhir tahun.

“Tahun ini, kami (Transjakarta) sampai dengan hari ini, sudah beroperasi 74 unit (bus listrik) dan targetnya sampai dengan akhir tahun 100 unit. Jadi masih ada 26 unit, ini sudah ready, tinggal menunggu waktu untuk peluncuran,” ujar Welfizon,

“Sehingga menggenapi 100 unit di akhir tahun ini,” sambungnya.

Lebih lanjut, Welfizon menyampaikan, penambahan bus listrik ini sejalan dengan komitmen Transjakarta dalam mengatasi  kemacetan, menyambut era elektrifikasi transportasi publik masa depan dan mengurasi emisi dan polusi di ibu kota.

“Ya betul, jadi dalam kerangka bersih, berdaya dan lestari. Di pilar bersih terkait dengan aspek lingkungan ini, ada tiga strategi kita. Pertama, Transjakarta hadir sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan dan polusi, karena setiap orang yang berpindah dari kendaraan pribadi menjadi kendaraan umum naik transjakarta mereka akan mengurangi emisinya,” jelasnya.

Welfizon lalu membeberkan, berdasarkan catatan perseroan, pengguna Transjakarta saat ini sudah mencapai 1,1 juta pelanggan per hari. 

Dia berharap, angka tersebut terus bertambah seiring dengan penambahan bus listrik, sehingga dapat memindahkan sebanyak-banyaknya pengguna kendaraan pribadi menjadi transportasi umum.

“Kedua, strateginya adalah meskipun Transjakarta sudah jadi solusi polusi, tetapi kami juga melakukan ekstra mind. Langkah-langkah itu untuk melakukan elektrifikasi armada, dengan menggunakan bus listrik. Hari ini progresnya sampai dengan 2023 ini nanti kami akan jalankan 100 unit sesuai dengan yang ditargetkan,” pungkasnya. (IYAN KUSUMA/RAFI)