Doa Agar Tidak Malas dan Tidak Terlilit Utang Sesuai Sunnah 


Ilustrasi Berdoa (ist)

AKTUALITAS.ID – Rasulullah shallalahu alaihi wa sallam paling sering membaca doa ini, yakni doa agar tidak malas dan dijauhkan dari utang yang berat atau tidak terlilit utang.

Hal ini sesuai dengan hadist riwayat Bukhari nomor 6363. Disebutkan dalam hadist itu, selama Anas bin Malik radhiyallahu anhu menjadi pembantu Nabi shallalahu alaihi wa sallam, ia paling sering mendengar Nabi shallallahu alaihi wa sallam membaca doa ini. 

Doa ini bagus diamalkan secara rutin, karena akan menjauhkan kita dari sifat-sifat jelek. Yaitu sifat malas dalam ibadah, sifat lemah, dan pengecut.

Doa ini juga berisi meminta perlindungan dari Allah Ta’ala agar tidak dizalimi dan dijauhkan dari utang yang berat.

Doa agar tidak malas dan tidak terlilit utang ini ada di kitab Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi. Yakni:

وَعَنْ أَنَسٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – يَقُوْلُ : اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ العَجْزِ ، وَالكَسَلِ ، وَالجُبْنِ ، والهَرَمِ ، والبُخْلِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ

وَفِي رِوَايَةٍ : وَضَلَعِ الدَّيْنِ ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ

“Anas radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “ALLOHUMMA INNI A’UDZU BIKA MINAL ‘AJZI, WAL KASALI, WAL JUBNI, WAL HAROMI, WAL BUKHLI, WA A’UDZU BIKA MIN ‘ADZABIL QOBRI, WA A’UDZU BIKA MIN FITNATIL MAHYAA WAL MAMAAT”.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, sifat malas, sifat pengecut, kepikunan, kekikiran, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian.

Dalam riwayat lain disebutkan, “DHOLA’ID DAIN WA GHALABATIR RIJAAL (Lilitan utang dan laki-laki yang menindas).” (Muttafaqun alaih) (HR Bukhari, no. 6367 dan Muslim, no. 2706).

Dari keterangan riwayat di atas, doa agar tidak malas dan tidak terlilit utang adalah sebagai berikut;

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ العَجْزِ ، وَالكَسَلِ ، وَالجُبْنِ ، والهَرَمِ ، والبُخْلِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, sifat malas, sifat pengecut, kepikunan, kekikiran, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian.

Wallahu A’lam.  (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>