Menko PMK Minta Perguruan Tinggi Siapkan SDM Berkualitas


Menko PMK Muhadjir Effendy pada acara Groundbreaking Pembangunan Kampus Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA), Leuwiliang, Kabupaten Bogor pada Sabtu (20/1). (Humas)

AKTUALITAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan perlunya perguruan tinggi untuk mengedepankan kualitas pendidikan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dunia kerja. 

Hal tersebut ia sampaikan pada acara Groundbreaking Pembangunan Kampus Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA), Leuwiliang, Kabupaten Bogor pada Sabtu (20/1).

“Paradigma pendidikan hendaknya berorientasi pada kebutuhan pasar kerja. Dengan demikian, lulusan UMBARA akan semakin produktif dan dapat terserap di dunia kerja,” tuturnya. 

Tahapan awal pembangunan manusia berfokus pada pemberian hak dan kebutuhan dasar dimulai dari kesehatan calon ibu, sehingga masa depan bangsa ditentukan oleh kualitas Ibu.

Hal tersebut sejalan dengan kebijakan hilirisasi industri. Hilirisasi bermanfaat untuk mengurangi pengangguran, sekaligus meningkatkan nilai tambah ekonomi untuk kemajuan bangsa Indonesia. 

“Sumber daya manusia Indonesia harus mampu menjadi aktor dalam menghasilkan produk bukan hanya sebagai konsumen,” jelas Muhadjir. 

“kita semua berharap UMBARA dapat semakin eksis dalam memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa Indonesia, terutama dalam peningkatan kualitas pendidikan dan penyerapan angkatan kerja,” ucapnya. 

Turut hadir pada acara tersebut Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu; Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti; Ketua PWM Jawa Barat Ahmad Dahlan; Ketua PDM Kab. Bogor Ahmad Yani; Rektor Umbara Edi Sukardi beserta jajarannya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>