Tanggapi Pernyataan Megawati, Kasad Maruli Minta Laporkan Langsung ke TNI


Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal (TNI) Maruli Simanjuntak | DISPENAD

AKTUALITAS.ID – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak meminta Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri melaporkan langsung ke TNI, termasuk TNI Angkatan Darat, jika menemukan prajurit TNI mengintimidasi rakyat.

Hal itu disampaikan Maruli menanggapi pernyataan Megawati yang meminta aparat TNI-Polri untuk tidak melakukan intimidasi terhadap rakyat.

“Kalau memang mau resmi, bisa laporkan atau disampaikan, ada kejadian di mana kami akan coba tindak lanjuti nanti. Jadi, kalau sekarang penyampaiannya intimidasi, kami juga enggak tahu di mana, sulit juga ‘kan,” kata Maruli menjawab pertanyaan wartawan seusai menghadiri acara perayaan Natal bersama TNI AD di Jakarta, Senin (5/2/2024).

Jika ada laporan yang masuk TNI terlebih TNI AD, Maruli memastikan akan sigap menindaklanjuti aduan tersebut.

“Kalau ada bukti suara, foto, ada saksi, atau apa segala macam, ya, mudah-mudahan kami bisa cepat. Ada dasarnya memanggil orang,” ujarnya.

Maruli menegaskan kembali siapa pun yang mengetahui pelanggaran netralitas prajurit segera lapor. Jika tidak, TNI pun menganggap tidak ada masalah.

“Ya, kalau pendapat saya, kalau memang tidak ada hal yang dilaporkan, saya menganggap itu tidak ada,” ujar Maruli.

Sebelumnya, Megawati di hadapan para pendukungnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (3/2/2024), menyerukan kepada polisi dan tentara untuk tidak mengintimidasi rakyat.

“Ingat, hei polisi, jangan lagi intimidasi rakyatku. Hei tentara, jangan lagi intimidasi rakyatku. PDI Perjuangan adalah partai sah di republik ini. Artinya, diizinkan untuk mengikuti yang namanya pemilu,” pungkasnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>