6 Kebiasaan yang Menurunkan Tensi Darah di Pagi Hari Secara Alami


Ilustrasi. Kebiasaan bangun pagi (Freepik)

AKTUALITAS.ID – Tekanan darah tinggi adalah masalah yang bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan jika dibiarkan. Selain dengan mengonsumsi obat, terdapat beberapa cara lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kondisi ini. 

Nah, berikut cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang bisa dicoba di rumah.

Tekanan darah tinggi dijuluki sebagai penyakit “silent killer”. Penyakit ini tidak menimbulkan gejala, tetapi dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung dan stroke. Dua penyakit tersebut bahkan menjadi penyebab kematian di beberapa negara besar.

Mencoba perubahan di pagi hari, ketika tekanan darah Anda mulai meningkat bahkan sebelum Anda bangun, adalah saat yang sangat baik untuk memulai.

Menurut dia, pagi hari juga merupakan waktu di mana kejadian penyakit jantung lebih mungkin terjadi.

Menurunkan tensi secara alami

Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah kebiasaan untuk menurunkan tensi darah secara alami. 

1. Jam bangun tidur konsisten

Agendakan jam bangun tidur agar jam bangun tetap sama dari hari ke hari. Jam bangun yang konsisten akan mengatur jam internal tubuh dan menyehatkan tekanan darah.

2. Ganti kopi pagi

Terbiasa ngopi pagi? Sebaiknya kebiasaan ini diubah atau diganti dengan decaffeinated coffee (kopi tanpa kafein).

Kopi mengandung kafein yang bersifat sebagai stimulan dan menaikkan tekanan darah.

“Dua sampai empat cangkir kopi (sekitar 200-300 mg kafein) akan meningkatkan tekanan darah sistolik sekitar 8 mmHg dan diastolik sekitar 6 mmHg,” ujar Higgins.

Bakal lebih baik kalau Anda memulai hari dengan segelas air mineral.

3. Olahraga

Pagi adalah waktu terbaik untuk berolahraga. Anda tidak harus ke gym atau menjadwalkan olahraga berat. Cukup peregangan, jalan kaki ringan atau jogging selama 15-30 menit secara teratur sudah membantu menurunkan tekanan darah.

Melansir dari NDTV, setidaknya untuk tubuh sehat dan bugar diperlukan olahraga setidaknya 150 menit per minggu.

4. Sarapan dengan menu seimbang

Jika ingin menurunkan tensi secara alami, maka jangan sampai melewatkan sarapan. Menurut meta-analisis pada Maret 2022, melewatkan sarapan dikaitkan dengan hipertensi pada orang dewasa.

Kemudian pilih menu sarapan yang tepat dan kandungan gizi seimbang. Anda bisa sarapan dengan kacang-kacangan plus yogurt rendah lemak. Kacang pun bisa diganti dengan potongan buah segar.

5. Sisihkan gula

Gula bukan menu sarapan ideal. Donat, pastry, sereal yang tinggi gula bisa memengaruhi tekanan darah.

“Konsumsi gula, khususnya fruktosa tinggi, bisa memengaruhi jalur yang berkaitan dengan hormon aldosteron dan peptida endotelin, yang keduanya membantu mengatur tekanan darah,” jelas Higgins.

6. Meditasi

Untuk memulai hari, buat tubuh rileks sehingga berdampak positif pada tekanan darah. Latihan meditasi bisa membantu tubuh lebih rileks dan menurunkan tensi secara alami.

Berdasar sebuah studi, orang dengan hipertensi ringan yang latihan meditasi mindfulness mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. (YAN KUSUMA/RAFI)¹

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>