Sambut Ramadan, Warga Jombang Berebut Tumpeng Raksasa Hasil Bumi


Ratusan warga Desa Miagan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang berdesakan untuk berebut tumpeng raksasa yang berisi hasil bumi, Sabtu (2/3/2024). (ist)

AKTUALITAS.ID – Ratusan warga Desa Miagan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang berdesakan untuk berebut tumpeng raksasa yang berisi hasil bumi, Sabtu (2/3/2024). Sedekah bumi yang menyuguhkan gunungan hasil bumi tersebut dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan.

Siti Farikha (56) langsung merangsek maju mendekati tumpeng raksasa yang berisi aneka hasil bumi. Dia tidak sendiri, tapi ratusan warga juga melakukan serupa. Saat itu tumpeng raksasa tersebut sedang diarak di jalan desa.

Tentu saja, warga yang sudah menyemut ini saling berdesakan dan saling dorong. Begitu mendapatkan hasil bumi, mereka kemudian mundur. Senyum Farikha langsung merekah begitu mendapat kubis dan terong. Dia girang bukan kepalang.

Dari pengeras suara, panitia terus mengimbau agar warga tertib dalam berebut gunungan tersebut. Dalam sekejab, tumpeng raksasa tersebut ludes tak tersisa. Aneka macam sayuran hasil rebutan itu kemudian dibawa pulang.

Kepala Desa Miagan Antok Budi Subagyo mengatakan kegiatan ini sengaja digelar untuk menunjukkan potensi desa. Selain itu, acara juga bersamaan dengan bersih desa untuk menyambut bulan suci Ramadan.

“Kebetulan kegiatan bersamaan dengan mendekati Ramadan, jadi sekalian menyambut bulan suci Ramadan. Kegiatan ini jadi rutinitas yang kami selenggarakan setiap tahun,” pungkas Budi. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>