4 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Jelang Puasa Ramadhan


Ilustrasi. Olahraga pagi (ist)

AKTUALITAS.ID – Ramadhan dipercaya sebagai bulan yang penuh keberkahan. Pada bulan ini, seluruh umat muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa selama sebulan penuh.

Berpuasa berarti menahan lapar dan haus sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Tak hanya itu, ketika berpuasa umat muslim juga diharuskan untuk menahan hawa nafsu dari segala bentuk cobaan.

Agar dapat berpuasa dengan maksimal, umat muslim perlu memiliki kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Sebab saat puasa, segala bentuk kegiatan seperti sekolah dan bekerja masih tetap berjalan seperti biasa.

Berikut ini merupakan tips menjaga kesehatan jelang bulan Ramadhan:

1. Perhatikan pola makan

Pola makan dapat mempengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, menerapkan pola makan sehat menjadi suatu hal yang penting agar kesehatan tubuh terus terjaga.

Pola hidup sehat berarti aturan hidup sehat dalam mengonsumsi makanan yang sesuai dengan takaran gizi. Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga pola hidup sehat adalah senantiasa menyelipkan sayuran dalam menu makanan sehari-hari. Serta jangan lupa untuk makan di waktu yang tepat.

2. Rajin berolahraga

Olahraga dapat menjaga tubuh tetap bugar dan berstamina dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk memulai rutinitas berolahraga, mulailah untuk melakukan olahraga-olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, jogging, stretching, dan yoga.

Melakukan olahraga tak serta merta menjadikan tubuh sehat, tetapi harus diimbangi dengan pola makan yang sehat.

3. Jangan Begadang

Begadang merupakan kegiatan atau kebiasaan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Begadang dapat meningkatkan resiko gangguan metabolisme dan kadar gula tinggi. Selain itu, begadang juga dapat meningkatkan resiko terjadinya gangguan mental seperti depresi dan gangguan cemas.

Menjelang datangnya bulan Ramadhan, umat muslim perlu mengurangi kebiasaan begadang. Apalagi jika begadang untuk hal-hal yang tidak perlu. Mulailah untuk tidur lebih awal dan berlatih bangun lebih awal pula, sebab di bulan Ramadhan nanti disunahkan untuk terlebih dahulu menyantap hidangan sahur sebelum berpuasa.

4. Jaga hidrasi tubuh dengan banyak minum air

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, usahakan untuk meningkatkan asupan air agar tubuh mencapai kondisi hidrasi yang optimal. Hal ini dapat dilakukan dengan memenuhi kebutuhan tubuh, yaitu meminum delapan gelas air per hari atau dapat disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari.

Demikian tips menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh jelang Ramadhan. Tubuh yang sehat memungkinkan kita untuk dapat berpuasa dengan optimal selama bulan suci Ramadhan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>