Bacaan Niat Puasa Ramadhan untuk Anak-anak


Ilustrasi. Berpuasa (ist)

AKTUALITAS.ID – Dalam ajaran agama Islam, Allah SWT mewajibkan umat muslim untuk berpuasa di bulan suci Ramadhan. Perintah ini bahkan tertulis dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 183.

Namun, kewajiban berpuasa ini hanya diperuntukan bagi orang-orang yang telah memasuki usia baligh. Sedangkan anak-anak, tidak diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan.

Meskipun tidak diwajibkan, orang tua perlu melatih anak-anak untuk berpuasa serta mengenalkan mereka dengan segala aspek yang berkaitan dengan ibadah puasa, seperti bacaan niat puasa Ramadhan. Berikut ini merupakan bacaan niat puasa Ramadhan untuk anak-anak.

Dikutip dari website Majelis Ulama Indonesia (MUI), niat puasa Ramadhan berbunyi:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhana hadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala”

Bacaan niat di atas dapat dibaca setiap malam bulan Ramadhan. Malam disini berarti setelah waktu Maghrib hingga sebelum terbitnya sang fajar di waktu subuh.

Niat puasa menjadi salah satu keharusan di bulan Ramadhan sebelum melaksanakan ibadah puasa. Hal ini karena niat puasa merupakan salah satu rukun puasa yang apabila tidak dikerjakan, maka puasanya tidak sah secara syariat Islam.

Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits bersabda:

“Barangsiapa yang tidak berniat puasa sebelum fajar, maka tidak sah puasanya.” (HR. An-Nasa i dan Abu Dawud)

Demikian penjelasan mengenai bacaan niat puasa Ramadhan untuk anak-anak. Dapat disimpulkan bahwa niat menjadi salah satu hal yang perlu diajarkan kepada anak-anak yang tengah berlatih menjalankan puasa, sebab niat merupakan salah satu rukun puasa. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>