Latma CARAT 2024: TNI AL, US Navy, dan USMC Godok Materi Bersama di Lampung


Delegasi dari TNI Angkatan Laut, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy), dan Korps Marinir AS (USMC), meninjau salah satu lokasi Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness and Training (Latma CARAT) 2024 di Lampung pada 12–13 Maret 2024. (Dinas Penerangan TNI AL).

AKTUALITAS.ID – TNI Angkatan Laut (TNI AL) bersama Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) dan Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) tengah mempersiapkan Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness and Training (Latma CARAT) 2024 yang dijadwalkan berlangsung di Lampung pada Mei mendatang.

Dalam siaran resminya, Dinas Penerangan TNI AL mengungkapkan bahwa para delegasi dari ketiga pihak telah melakukan survei langsung ke lokasi latihan di Teluk Ratai, Lampung, untuk meninjau kesiapan dan merancang materi latihan bersama.

Latma CARAT 2024 direncanakan akan digelar selama sepekan pertengahan Mei 2024 di perairan Teluk Ratai dan Piabung Lampung. Lokasi latihan akan meliputi Markas Komando Batalyon Infanteri 7 Marinir, Markas Komando Batalyon Infanteri 9 Marinir, dan Pusat Latihan Pertempuran 8 Marinir di Piabung, Lampung.

Beberapa materi latihan yang akan diselenggarakan antara lain meliputi kemampuan mengambil keputusan, pertukaran pengetahuan antar pasukan (SMEE), latihan individu, serta latihan pertahanan pantai gabungan yang melibatkan pasukan darat, laut, dan udara.

Alutsista dan pasukan yang akan dilibatkan dalam latihan tersebut mencakup kapal perang, helikopter, pesawat, drone, pasukan Komando Pasukan Katak (Kopaska), pasukan Korps Marinir, pasukan Korps Zeni, dan unsur kesehatan serta hubungan masyarakat.

Tujuan dari Latma CARAT 2024 adalah memperkuat kemampuan prajurit dalam operasi pertahanan pantai dan operasi anti-amfibi. Selain itu, latihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antara dua negara, mempererat persahabatan, dan memperkuat profesionalisme prajurit.

Selain kegiatan militer, TNI AL, US Navy, dan USMC juga akan melaksanakan bakti sosial sebagai bagian dari rangkaian latihan bersama, seperti renovasi fasilitas umum, membersihkan pantai, pengobatan gratis, dan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat sekitar lokasi latihan.

Dalam tahapan survei dan perencanaan Latma CARAT 2024 di Lampung, delegasi TNI AL dipimpin oleh Paban III Lat Sopsal Mabesal Kolonel Laut (P) Daru Cahyo Sumirat bersama dengan perwira lainnya, sedangkan delegasi dari US Navy dan USMC dipimpin oleh LCDR Nicholas bersama timnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>