Maju Pilkada Jabar atau Jakarta, Ridwan Kamil: Bulan Juni Saya Putuskan 


Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Dok: Biro Adpim Jabar)

AKTUALITAS.ID – Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah menyatakan bahwa ia akan menentukan apakah akan berlaga di Pilkada Jawa Barat atau Jakarta pada bulan Juni mendatang. Meskipun hatinya masih cenderung untuk berada di Jawa Barat, ia menyebut bahwa keputusan akhir akan diambil berdasarkan survei yang dilakukan.

“Nanti bulan Juni saya putuskan. Sama, hati tetap berat ke Jabar, tapi saya tidak menutup kemungkinan Jakarta, keputusan akhirnya mungkin di bulan Juni sesuai survei,” kata Ridwan Kamil di Bandung, Sabtu (23/3/2024) malam.

Ridwan Kamil, yang akrab dipanggil Emil, juga mengungkapkan bahwa saat ini ia sedang fokus untuk meningkatkan elektabilitasnya hingga bulan Juni, sehingga saat dipasangkan dengan calon lain, kesepahaman dapat terjalin dengan lebih baik.

“Pencoblosan (Pilkada) kan November, mulai kampanye bulan September, pendaftaran bulan Agustus, perjodohan di bulan Juli, PDKT di bulan Juni gitu. Dari sini sampai ke Juni tingkatkan elektabilitas supaya pas PDKT dengan siapapun nyambung,” jelasnya.

Meskipun belum ada pendekatan dari pihak manapun, termasuk dari partai-partai yang sebelumnya mendukung koalisi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres, Ridwan Kamil menganggap kelanjutan koalisi tersebut sebagai hal yang ideal karena hubungan antar pimpinan partai sudah terjalin.

“Memang idealnya begitu. Kalau ternyata kesempatan pilkada juga ada pasangan yang kuat dan menjanjikan dalam koalisi 02, tentunya menjadi pilihan utama. Walaupun dari pengalaman koalisi pusat dengan daerah tidak selalu sebangun karena pilkada kan figur,” tambah Emil.

Ridwan Kamil juga menekankan pentingnya membangun elektabilitas dan kesepahaman dalam pilkada untuk memastikan bahwa pasangannya memiliki dukungan yang kuat dan cocok dengan visi misinya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>