Menko PMK Tinjau Persiapan Mudik Lebaran di Pelabuhan Merak


Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan inspeksi mendadak ke Pelabuhan Merak, Provinsi Banten, Sabtu (23/3/2024). (Humas Kemenko PMK)

AKTUALITAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi mendadak ke Pelabuhan Merak, Provinsi Banten, Sabtu (23/3/2024). 

Kunjungan ini merupakan bagian dari pendalaman rencana besar pemerintah dalam menangani arus mudik tahun 2024.

Menurut Menko Muhadjir, penyeberangan Merak-Bakauheni menjadi titik krusial dalam pelaksanaan mudik lebaran. Oleh karena itu, diperlukan penambahan fasilitas kapal dan sarana penunjang lainnya untuk menjaga V/C Ratio kendaraan agar tetap rendah dan menghindari penumpukan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Ini perlu kita pastikan, tadi Pak Menhub telah sampaikan akan ada kenaikan pemudik 50% dibandingkan tahun lalu berarti nantinya yang akan menyebrang juga bertambah,” jelas Muhadjir.

Selain itu, untuk mengurangi antrean panjang kendaraan di pelabuhan, Menko PMK menghimbau kepada pemudik kapal penyeberangan untuk melakukan pembelian tiket secara online. Hal ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dan efisiensi proses pelayanan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga menekankan pentingnya mendahulukan kapal-kapal besar dengan kecepatan tinggi untuk mengangkut penumpang lebih banyak dan cepat.

Turut hadir dalam inspeksi ini adalah Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, Walikota Cilegon Helldy Agustian, Kakorlantas Polri Aan Suhanan, serta Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP Indonesia Ferry Yusuf Hadi dan jajaran. Ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam memastikan kelancaran arus mudik tahun ini.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan pelabuhan Merak dapat menangani arus mudik lebaran tahun 2024 dengan lebih baik dan menghindari kemacetan serta penumpukan kendaraan yang berpotensi mengganggu kelancaran transportasi. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>